Lady Gaga borong benda kenangan Michael Jackson

id lady gaga

Lady Gaga borong benda kenangan Michael Jackson

Lady Gaga ((FOTO ANTARA/REUTERS/Mario Anzuoni/Files/djo/11))

Los Angeles (ANTARA Jogja/Reuters) - Bintang musik pop Lady Gaga memborong 55 benda kenangan peninggalan mendiang penyanyi Michael Jackson dalam acara lelang akhir pekan, yang mengumpulkan lebih dari lima juta dolar AS (Rp48 miliar).

Sebagian dari dana yang terkumpul itu akan disumbangkan untuk kegiatan amal, kata rumah lelang Julien's Auctions.

Pelelangan yang berlangsung di Beverly Hills itu menawarkan 465 benda yang dipakai Michael sepanjang karirnya, termasuk sejumlah kostum dan peralatan panggung yang digunakan saat tur dan pembuatan video musik.

Di antara benda utama yang terjual adalah jaket yang dikenakan Michael pada tur "BAD" --yang dilepas dengan harga 240.000 dolar (Rp2,3), sarung tangan putih senilai 192.000 dolar (Rp1,8 miliar) dan salah satu jaket yang dipakainya dalam iklan Pepsi serta saat menerima sejumlah penghargaan --terjual dengan harga 68.000 dolar (Rp652,8 juta).

Setelah lelang hari Ahad (2/12), Lady Gaga mengumumkan kepada 31 juta pengikutnya di Twitter bahwa "55 benda yang saya beli hari ini akan disimpan dan dirawat dengan hati-hati untuk menghormati dan sebagai bentuk kecintaan terhadap Michael Jackson, keberanian serta para penggemarnya di seluruh dunia".

Michael meninggal dunia dalam usia 50 tahun pada Juni 2009 di Los Angeles karena mengalami overdosis penggunaan obat bius propofol dan obat penenang.

Koleksi pakaian yang dirancang bersama oleh dua perancang yang berbasis di Los Angeles, Dennis Tompkins dan Michael Bush, dikembalikan lagi oleh Michael kepada mereka.

Koleksi itu awal tahun ini dibawa dalam tur keliling ke Amerika Selatan, Eropa dan Asia.

Pada September lalu, perancang topi di Inggris, Philip Treacy, merancang acara pekan peragaan busana London pertama kalinya dalam satu dekade terakhir dengan mengusung kostum-kostum Michael Jackson.

Kostum tersebut dikenakan oleh para model yang berjalan di atas "catwalk" dengan dihiasi topi yang desainnya terinspirasi oleh kehidupan Michael.

Peragaan busana itu dihadiri oleh Lady Gaga, yang juga memberikan kata pengantar tentang koleksi Treacy.

Hasil acara lelang hari Minggu melampaui perkiraan sebelumnya, yaitu satu juta hingga dua juta dolar.

Sebagian dari dana total yagn terkumpul akan disumbangkan kepada Guide Dogs of America dan Nathan Adelson Hospice di Las Vegas.

(T008)