Kapal pesiar "Seabourn Odyssey" singgah di Surabaya

id kapal pesiar

Kapal pesiar "Seabourn Odyssey" singgah di Surabaya

Kapal pesiar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya (antarafoto.com)

Surabaya (ANTARA Jogja) - Kapal pesiar "Seabourn Odyssey" siap singgah di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada hari Minggu (16/12) guna mengangkut 450 penumpang yang ingin berkeliling ke sejumlah objek wisata di Jawa Timur.

"Selama kunjungan di Surabaya, seluruh wisatawan asing akan diberi dua pilihan program perjalanan wisata oleh Merapi 'Tour and Travel' yakni 'Surabaya Discovery Tour' dan 'Trowulan Archelogical Sites'," kata Deputi "General Manager" PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tanjung Perak, Bambang Hasbullah, di Surabaya, Sabtu.

Menurut dia, untuk "Surabaya Discovery Tour", para wisatawan mancanegara tersebut akan berkunjung ke Kebun Binatang Surabaya dan Patung Joko Dolog. Rencananya, mereka juga disambut Wali Kota Surabaya di Kantor Wali Kota.

"Lalu, perjalanan dilanjutkan ke Monumen Kapal Selam, Kayoon, dan House of Sampoerna. Untuk kunjungan ke Trowulan Mojokerto meliputi Museum Trowulan, Candi Tikus, Candi Bajang Ratu, dan Pemandian Segaran," ujarnya.

Kapal pesiar berbendera Bahama Amerika Serikat, jelas dia, akan sandar di Pelabuhan Tanjung Perak pada pukul 06.00 WIB. Kemudian, kapal yang membawa 350 orang kru itu meninggalkan pelabuhan pukul 18.00 WIB.

Mengenai ukuran kapal tersebut, "Lenght Over All/LOA" mencapai 198,15 meter dan berat 32.346 'Gross Tonnage/GT'.

"Kapal itu berangkat dari Semarang menuju ke Surabaya, setelah itu akan melanjutkan perjalanan ke Probolinggo, Celukan Bawang, Lembar, Benoa, Gili Trawangan, Komodo, dan Darwin Australia," katanya.

Sementara itu, tambah dia, para turis tersebut akan mulai turun pukul 08.00 WIB di Terminal Gapura Surya dan akan disambut Tarian selamat datang Reog Ponorogo dan campur sari persembahan PT Pelindo III (Persero) Cabang Tanjung Perak.

"Untuk mengenalkan produk unggulan daerah ada pula sejumlah stan pameran dari Dekranasda Surabaya yang menjual cenderamata khas Jawa Timur," katanya.

Ia optimistis, kedatangan penumpang kapal pesiar "Seabourn Odyssey" akan diterima dengan baik. Apalagi, pihaknya telah mempersiapkan segala sesuatu termasuk keamanan di Terminal Penumpang Gapura Surya.

"Sistem keamanan yang kami pakai semaksimal mungkin disesuaikan dengan standar 'ISPS code'," katanya.

Dengan kunjungan mereka, harap dia, semakin banyak kunjungan kapal pesiar di Pelabuhan Tanjung Perak mengingat Surabaya juga termasuk kota yang mempunyai potensi wisata sangat tinggi.

"Banyak ragam wisata menarik di Surabaya baik wisata religi, belanja, kuliner, maupun menikmati pesona berbagai cagar budaya yang masih dipertahankan di sini," katanya.

Sebelumnya, lanjut dia, kapal pesiar tersebut telah sandar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada tanggal 20 Januari 2012, 3 Februari 2012, 11 Februari 2012, dan 25 Februari 2012.

Kini, "Seabourn Odyssey" menjadi kapal pesiar kelima yang akan  singgah di Pelabuhan Tanjung Perak sekaligus menutup kunjungan kapal pesiar selama periode tahun 2012 yang sandar di Pelabuhan Tanjung Perak.

(pso-165)