UGM sorong riset hilirisasi produk teknologi pangan

id UGM dorong riset

UGM sorong riset hilirisasi produk teknologi pangan

Universitas Gadjah Mada (istimewa)

Jogja (ANTARA Jogja) - Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada Yogyakarta mendorong pelaksanaan riset mengenai hilirisasi produk-produk teknologi pangan sebagai upaya membangun kemandirian pangan dan energi nasional.

"Riset yang dihasilkan akan diekspose ke masyarakat secara luas. Rencananya pada September 2013 akan diadakan ekspo hasil riset Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Gadjah Mada (UGM)," kata Dekan FTP UGM Lilik Sutiarso di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, pada pembukaan peringatan 50 tahun FTP UGM, langkah itu sebagai upaya meningkatkan kontribusi dalam memperkuat kemandirian pangan dan energi bangsa. Hal itu seiring dengan visi FTP UGM untuk menjadi pusat unggulan bidang agroindustri.

"Usia 50 tahun ini spesial, merupakan tahun emas bagi FTP. Kami arahkan kegiatan tridarma yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian untuk membangun kemandirian pangan dan energi nasional," katanya.

Ketua Panitia Peringatan 50 Tahun FTP UGM Sutardi mengatakan peringatan tersebut mengambil tema "50 Tahun Membangun Agroindustri untuk Mewujudkan Kemandirian Pangan dan Energi"

"Peringatan usia 50 tahun FTP UGM akan diisi dengan berbagai kegiatan yang bersifat akademis, olahraga, seni budaya, pengabdian pada masyarakat maupun infak pangan," katanya.

Menurut dia, ada dua kegiatan ilmiah internasional yakni kuliah tamu dan penandatanganan nota kesepahaman antara FTP UGM dengan College of Life Science and Biotechnology, Korea University, 17 Januari 2013.

Kegiatan ilmiah lain adalah seminar internasional "4th International Conference on Lactic Acid Bacteria", 25-26 Januari 2013, kuliah tamu dari University of Hamburg (Maret), International Workshop and Seminar on Mycotoxine (Juni).

Selain itu International Seminar on Agriculture Engineering pada Juli 2013 dan International Seminar on Life Cycle Assesment III (September).

"Puncak peringatan 50 tahun FTP akan diisi penyampaian pidato laporan dekan FTP dan orasi ilmiah pada September 2013," katanya.

(L.B015)

Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar