Hatta: mega proyek Jambi akan masuk MP3EI

id hatta

Hatta: mega proyek Jambi akan masuk MP3EI

Menko Perekonomian Hatta Rajasa (foto antaranews.com)

Jambi (ANTARA Jogja) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, ada tiga proyek besar untuk Jambi yang akan dimasukkan dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) oleh pemerintah.

Tiga proyek tersebut adalah pembangunan Bandara Sultan Thaha Jambi, pembangunan pelabuhan samudera dan kawasan ekonomi Ujung Jabung serta proyek pengerjaan infrastruktur jalan, kata Hatta Rajasa usai penutupan Festival Pedagang Kaki Lima di Jambi, Minggu.

"Saya akan dorong tiga proyek besar yaitu pelabuhan dan bandar udara serta yang lain terkait dengan jalan untuk dimasukkan dalam MP3EI," katanya didampingi Gubernur Jambi Hasan Basri Agus.

Dengan masuknya tiga proyek besar tersebut ke dalam MP3EI itu maka pembiayaannya akan masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan ini diprioritaskan.

"Saya akan mengawalnya, apalagi, untuk proyek pembangunan bandara sebagaimana yang direncanakan dan janji Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan tuntas pada 2014," ujarnya.

Dengan masuknya program tersebut ke dalam MP3EI, dana APBN bisa dikucurkan untuk memperpanjang landasan pacu agar layak menjadi bandara embarkasi haji. Saat ini landasan pacu hanya 2.400 meter, sementara idealnya mencapai 3.000 meter.

Hatta menjelaskan, percepatan juga diprioritaskan pada pembangunan pelabuhan samudera di Ujung Jabung, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, sebab diyakini dengan adanya pelabuhan samudera dan juga rencana pembangunan kawasan ekonomi terpadu akan berdampak positif terhadap perekonomian di Jambi maupun regional.

Langkah percepatan perlu dukungan banyak pihak, pemerintah merasa perlu menggandeng swasta melalui Kerjasama Pemerintah Swasta (KPS) atau dengan sebutan lain "Public Private Partnership" (PPP) dalam bentuk dalam penyediaan infrastruktur.

Sementara itu, Gubernur Jambi Hasan Basri Agus mengaku menyambut gembira dengan apa yang disampaikan Menteri Perekonomian yang akan memasukkan mega proyek di Jambi dalam MP3EI.

Gubernur mengatakan, dengan masuknya proyek-proyek tersebut akan mampu meningkatkan pertumbuhan perekonomian di Provinsi Jambi, diharapkan hal tersebut dapat segera terealisasi.

(KR-NF)