Kulon Progo akan bangun "water treatment"

id kulon progo akan bangun

Kulon Progo akan bangun "water treatment"

Ilustrasi "water treatment" (Foto ccip.cocoafl.org)

Kulon Progo (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan membangun "water treatment" senilai Rp12 miliar di Desa Banjaroya, Kecamatan Kalibawang, pada 2013.

Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo, Senin, mengatakan bangunan "water treatment" akan menggunakan tanah kas desa Banjaroya yang lokasinya di atas Sungai Progo.

"Kemarin kami sudah mencapai kesepakatan dengan pemerintah desa, untuk menggunakan tanah kas desa didirikan "water treatment" yang akan menyediakan air bersih untuk warga," kata Hasto.

Ia mengatakan, "water treatment" akan menggunakan air dari Sungai Progo dengan kapasistas sekitar 50 liter per detik. Sementara kemampuan mesin water treatment mampu mengangkat air 100 liter per detik.

"Rencananya, air Sungai Progo dinaikan di Banjarota, dinaikan ke lokasi yang lebih tinggi. Kemudian distribusikan kepada mayarakat sebagai Kecamatan Samigaluh dan Kalibawang," kata dia.

Selain itu, kata Hasto, parasaran "water treatment" untuk mencukupi kebutuhan air bersih dan irigasi di Kenteng Kecamatan Nanggulan.

Menurut dia, "water treatment" tidak akan mengganggu jaringan irigasi Kalibawang Sistem.

"Itu sudah diperhitungkan dan sudah diatasipasi. Untuk itu, "water treatment" hanya mengambil 50 liter per detik, sehingga tidak akan menggangu pengairan," katanya.

Sebelumnya, Kepala Seksi Rehabilitasi dan Rekontruksi Badan Penanggulangan Becana Daerah (BPBD) Kulon Progo, Eko Susanto mengatakan, Kulon progo mendapat bantuan alat water treatment dari pemerintah pusat untuk mengolah air bersih menjadi air siap minum dengan kapasitas 56 liter per detik.

Dengan alat ini nantinya bisa mengatasi kesulitan air di lokasi-lokasi pengungsian korban bencana alam.

"Nantinya air bersih bisa ditampung dalam bak kemudian diproses menggunakan alat ini. Airnya bisa langsung diminum," kata Eko.

(KR-STR)