Indonesia ajukan diri tuan rumah kejuaraan sepeda BMX Asia

id BMX

Indonesia ajukan diri tuan rumah kejuaraan sepeda BMX Asia

Kejuaraan BMX (Foto Antara/Noveradika)

Jakarta (Antara Jogja) - Indonesia melalui Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia akan mengajukan diri sebagai tuan rumah Kejuaraan Sepeda BMX Asia yang diselanggarakan pada Maret 2014.

Ketua Umum PB ISSI Edmound JT Simorangkir kepada Antara di Jakarta, Jumat, mengatakan peluang Indonesia terpilih cukup besar, karena belum ada negara lain yang juga mengajukan diri sebagai tuan rumah.

Selain itu, fasilitas seperti sarana balap sepeda untuk BMX di Indonesia, dia nilai cukup memadai.

Lokasi kejuaraan sepeda BMX itu akan terpusat di Riau, Pekanbaru, dan menggunakan arena yang sebelumnya digunakan untuk PON 2012. "Kami telah siap, bisa dilihat dari segi fasilitas," ujarnya.

Kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah akan diajukan di Pertemuan Federasi Sepeda Asia (ACC) pada 12-13 Maret 2013 di New Delhi, India. Pengajuan itu juga dilakukan di sela-sela Kejuaraan Balap Sepeda Asia yang ke-33 di New Delhi, India pada 5-17 Maret 2013 yang diikuti sekitar 28 atlet Indonesia.

Dengan rencana ini, Edmound berharap segala kisruh dan kendala yang terjadi sekarang seperti desakan adanya musyawarah nasional luar biasa (munaslub) dari 18 pengurus provinsi (pengprov) dapat segera selesai.

Kendala ini dapat menjadi sandungan bagi induk organisasi sepeda Indonesia dan atlet balap sepeda untuk mengembangkan diri dan berkiprah di skala internasional, kata Edmound.

Sebelumnya 18 pengprov yang diwakili Ketua Harian Pengprov ISSI Baharuddin Makasau menyatakan mosi tidak percaya kepada kepemimpinan Edmound dan mendesak Munaslub.

PB ISSI mengharapakan perundingan secara damai, termasuk dengan mediasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) untuk menyelesaikan kisruh internal ini.

"Jika kita ingin memajukan balap sepeda, mari kita bersama-sama, saya terbuka," ujar Edmound.

Sementara itu, di kancah internasional, dan juga sebagai ajang uji tanding, PB ISSI juga akan mengirim dua atlet balap sepeda BMX Toni Syarifudin (Jawa Tengah) dan Elga Kharisma Novanda (Jawa Timur) ke Swiss yang direncanakan pada 4 Maret hingga 31 July 2013.

"Jika mau berprestasi, kita harus optimal dengan segala cara," kata Edmound.

Dua pebalap sepeda BMX nasional ini akan berlatih di pusat pelatihan BMX Persatuan Balap Sepeda Internasional (UCI) di Swiss untuk mengoptimlkan persiapan menuju SEA Games 2013 Myanmar dan Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

(I029)