Gubernur dukung Sumbar tuan rumah Kejurnas Wapres

id sumbar dukun g tinju

Gubernur dukung Sumbar tuan rumah Kejurnas Wapres

Ilustrasi (Foto antaranews.com)

Padang (ANTARA Jogja) - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mendukung Persatuan Tinju Amatir Nasional Indonesia (Pertina) Sumbar menjadi tuan rumah peyelenggara Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Piala Wakil Presiden RI, pada 1-7 April 2013.

"Dari hasil audiensi kami dengan gubernur, beliau sangat mendukung Sumbar menjadi tuan rumah karena hal itu akan memberikan dampak positif terhadap perekembangan olahraga tinju Ranah Minang," kata Ketua Umum Pertina Sumbar Togi Tobing di Padang, Senin.

Ia menjelaskan, dukungan yang diberikan gubernur tersebut tidak hanya dalam bentuk lisan, tapi Irwan Prayitno juga akan memfasilitasi untuk menunjang pendanaan yang nantinya bisa membantu Pertina Sumbar dalam peyelenggaraan.

Dikatakannya, selain itu gubernur juga memfasilitasi tempat penyelenggaraan, transportasi atlet dengan memanfaatkan sarana yang ada di lingkungan Provinsi Sumbar.

"Untuk tempat penyelenggaraan, gubernur sudah menetapkan arena pertandingan dilaksanakan di area parkir Komplek Taman Budaya, karena tempat tersebut pengelolanya masih Pemprov Sumbar," katanya.

Dijadikannya tempat tersebut, katanya, juga akan memberikan dampak yang positif, selain bisa memberikan hiburan olahraga gratis bagi masyarakat pecinta tinju juga menjadi ajang promosi wisata Kota Padang yakni pantai padang dan rumah seni yang ada di Taman Budaya.

Lebih lanjut Togi mengatakan, untuk area parkir yang akan dijadikan venues tersebut panitia akan membuat arena pertandingan terbuka, dengan menempatkan ring tinju yang nantinya juga akan dilengkapi dengan tenda untuk penonton.

"Tempat tersebut sangat representatif, panitia tinggal menyiapkan arena dan tenda pertandingan, sementara untuk tribun kehormatan sudah ada disana," katanya.

Menyinggung persiapan tim tinju Sumbar yang akan diturunkan dalam ajang tersebut, Togi mengatakan, Pertina Sumbar sudah melakukan seleksi terhadap petinju dan menjaring 13 petinju, yang terdiri dari sembilan petinju putra dan empat putri.

Untuk petinju putra terdiri dari, Jamal Lembang (kelas 60 Kg), Zeni Umar (46 Kg), Ahmad Wike (49Kg), Nanta Alfarizi (60Kg),  Tuslindo (56Kg), Dedi Sihaloho (64Kg), Willy (69Kg), Gino Kurnia (75Kg), serta Yudi Chandra (81Kg).

Sementara itu, petinju putri, Sumbar diwakili oleh Dira Agustina (48Kg), Evi Sasmita (51Kg), Rusmi (54Kg), dan Lisa Madina kelas (60Kg).  
(T.KR-AGP)