Menteri :KKP tetap fokus 'Blue Economy" 2013

id menteri kelautan dan perikanan

Menteri :KKP tetap fokus 'Blue Economy" 2013

menteri kelautan dan perikanan (foto antaranews.com)

Jakarta (Antara Jogja) - Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo mengatakan, Kementerian Kelautan dan Perikanan  tetap akan fokus pada program berbasis "blue economy" (ekonomi biru) pada tahun 2013.

"Tahun 2013, KKP tetap akan fokus pada pelaksanaan industrialisasi kelautan dan perikanan dengan pendekatan 'blue economy', melalui peningkatan nilai tambah dan sinergi hulu-hilir usaha ekonomi kelautan dan perikanan," kata Sharif Cicip Sutardjo dalam siaran pers KKP di Jakarta, Rabu.

Menurut Sharif, program itu berbasis pada komoditas, kawasan serta pembenahan sistem dan manajemen.

Untuk program pengembangan kawasan minapolitan, KKP akan melakukan evaluasi dan tindak lanjut percepatan pengembangannya melalui strategi industrialisasi termasuk Peningkatan Kehidupan Nelayan (PKN) dalam rangka pelaksanaan Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

Ia mengemukakan, untuk mendukung MP3EI, maka KKP tetap mengembangkan sarana dan prasarana kelautan dan perikanan pada tiga Koridor Ekonomi (Sulawesi, Nusa Tenggara dan Bali, serta Papua dan Papua Barat).

"Untuk bidang konservasi dan lingkungan, KKP telah mendorong pemda terlibat pelaksanaan COREMAP III serta peningkatan kualitas lingkungan di pulau-pulau kecil melalui rehabilitasi ekosistem pesisir," katanya.(M040)