AAU terima karbol wanita

id ksau marsekal ida

AAU terima karbol wanita

Karbol Akademi Angkatan Udara (AAU) (barebsanjaya.wordpress.com)

Jogja (Antara Jogja) - Akademi Angkatan Udara Yogyakarta pada 2013 akan menerima sebanyak 12 karbol wanita untuk dididik menjadi perwira Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara.

"Penerimaan karbol wanita itu baru pertama kali dilakukan Akademi Angkatan Udara (AAU)," kata Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia di Lapangan Dirgantara AAU Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia usai memimpin serah terima jabatan (sertijab) Gubernur AAU dari Marsekal Muda (Marsda) TNI Bambang Samoedro kepada Marsda TNI Tabri Santoso, untuk merekrut calon karbol wanita, TNI AU telah melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah dan menginformasikannya di internet.

Pada tahun pertama penerimaan karbol wanita itu, kata dia, jumlah 12 orang tersebut dianggap sesuai dengan kebutuhan. Mereka akan menjalani pendidikan di AAU dan setelah lulus dapat ditempatkan di mana saja.

"Mereka akan ditempatkan sesuai dengan kemampuan masing-masing, baik sebagai penerbang, teknisi maupun elektronik untuk menunjang tugas dalam pengabdiannya selaku kekuatan pertahanan," katanya.

Ia mengatakan, dalam menggembleng dan menempa para karbol, AAU mengutamakan dan menjunjung tinggi disiplin sebagai rohnya.

Selain itu juga mengajarkan loyalitas dalam bingkai kebenaran dan dedikasi secara ikhlas terhadap atasan dan negara seperti termaktub dalam Sapta Marga dan Sumpah Prajurit.

Menurut dia, mulai 2011 AAU telah menghasilkan lulusan yang berpredikat sebagai perwira yang sarjana dengan gelar Sarjana Sains Terapan Pertahanan (SSTHan).

"Hal itu merupakan sebuah titik awal sekaligus pintu masuk yang baik bagi AAU sebagai lembaga pendidikan pencetak perwira TNI AU," katanya.
(B015)