Rolling Stone ingin main di festival Glastonbury

id rolling stone ingin main

Rolling Stone ingin main di festival Glastonbury

The Rolling Stone (Foto antaranews.com)

London (ANTARA/Reuters Jogja) - The Rolling Stone meraih dua  penghargaan NME di London pada Rabu, dan Ronnie Wood mengatakan bahwa mereka berharap bisa tampil pada festival musik Inggris di Glastonbury bulan Juni mendatang.

Rolling Stone mendapat penghargaan terbaik untuk pertunjukan langsung dan kategori terbaik untuk pertunjukkan film, sementara Ronnie Wood sang gitaris mewakili kelompoknya menerima piala berbentuk patung "Jari Tengah".

Kelompok musik gaek ini kembali naik pentas pada akhir 2012 untuk merayakan pesta emas 50 tahun kiprah di blantika musik. Kegiatan mini-tur ke London serta Amerika Serikat yang laris mendapat kritik sekaligus pujian dari penggemarnya.

Wood mengatakan kepada TV Reuters akan keinginan mereka untuk tampil dalam pertunjukan langsung, termasuk bermain di Glastonburry.

"Seperti Anda ketahui bahwa saya ingin tampil (langsung) demikian pula cowok-cowok lain--anggota Stones".

Menyinggung soal kemungkinan bermain di Glastonburry, yang bakal menjadi penampilan pertama mereka pada festival musik terbesar di Eropa itu, Wood mengatakan :"Saya sangat kepingin, tapi belum tahu bagaimana nanti, saya sadar kami tampil terbaik dalam siaran langsung sehingga sangat berharap bisa tampil."
  
Daftar antrean untuk festival yang digelar pada 26-30 Juni di Glastonburry belum diumumkan.

Kelompok musik legendaris asal Inggris itu beranggotakan Wood, Mick Jagger, Keith Richards dan Charlie Watts - salah satu dari empat unggulan yang telah masuk daftar unggulan sebanyak empat kali untuk penghargaan NME yang diselenggarakan oleh majalah NME.

Dalam rangkaian perayaan emasnya, grup band ini melakukan kolaborasi pembuatan film dokumenter "Crossfire Hurricane" untuk mengenang kembali ketenaran mereka yang melejit bak meteor.

"Terimakasih NME, dari saya dan cowok-cowok Stone," kicau Wood yang tampil dalam ajang tersebut dengan membawakan "How Soon is Now" bersama gitaris Smiths, Johnny Marr yang menyerahkan penghargaan "Godlike Genius".

"Kita tidak bisa meniru Jhonny Marr," ujar mantan gitaris Oasis dan penulis lagu Noeal Gallgher dalam rekaman pesan video dan ditayangkan dalam upacara penyerahan hadiah itu.

"Ia punya kelas sendiri dan mampu membuat sesuatu yang sulit jadi terlihat mudah."
 
Pemenang lain yang mendapat beberapa hadiah adalah Florence Welch yang dinobatkan sebagai sebagai artis solo terbaik, kendati ia bekerja sama dengan pemusik lain dalam albumnya dan juga mendapat penghargaan sebagai penari terbaik dalam lagu "Sweet Nothing".

"Saya tidak berharap mendapat hadiah ini karena perdebatan apakah saya artis tunggal atau bukan," ujar Welch setelah menerima penghargaannya yang pertama. "Terima kasih untuk band saya, ini benar-benar hasil sebuah kerja sama."
  
Penghargaan penting lainnya adalah Album Inggris terbaik yang jatuh ke Maccabees melalui album "Given to the Wild" lagu terbaik Foals "Inhaler" grup band baru terbaik Palma Violets dan Grup band Inggris terbaik Biffy Clyro.

Musik yang diperdengarkan pada upacara pembukaan Olimpiade di London pada Juli 2012 disutradarai oleh Danny Boyle, mendapat anugerah sebagai Musik Acara Tahun ini dan Presiden Amerika Serikat Barrack Obama mendapat penghargaan "Pahlawan Tahun Ini".

Menurut NME, lebih dari 10 juta pemilih telah memberikan suara untuk memutuskan para pemenang dan ini jumlah terbesar yang pernah ada.

Berikut rincian para pemenang NME Awards 2013:

Band Inggris terbaik Biffy Clyro, album terbaik "Given To The Wild," The Maccabees, Band Internasional terbaik The Killers, lagu Terbaik - "Inhaler,", Foals, Film Musik terbaik The Rolling Stones: "Crossfire Hurricane".

Penyanyi tunggal terbaik Florence Welch, band baru terbaik Palma Violets, Video Musik terbaik "R U Mine?," Arctic Monkeys, band pertunjukkan langsung terbaik The Rolling Stones, penari lagu terbaik "Sweet Nothing," Calvin Harris yang menampilkan Florence Welch, Musik Acara tahun ini, musik pembuka Olympics dan Pahlawan tahun ini jatuh pada Barack Obama.

(M. Dian A)