Mahasiswa Bidikmisi MIPA UNY diberi pelatihan PKMGT

id mahasiswa bidikmisi mipa

Mahasiswa Bidikmisi MIPA UNY diberi pelatihan PKMGT

Beasiswa Bidikmisi (Foto infoedukasi.net)

Jogja (Antara Jogja) - Mahasiswa penerima beasiswa pendidikan mahasiswa miskin Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2010, 2011, dan 2012 akan diberi pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa Gagasan Tertulis pada 16-17 Maret 2013.

"Dengan demikian para penerima beasiswa pendidikan mahasiswa miskin (bidikmisi) bisa menjadi bagian penting dan mendapatkan sesuatu yang berharga dari Program Kreativitas Mahasiswa Gagasan Tertulis (PKMGT)," kata pembimbing program kreativitas mahasiswa (PKM) Satino di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, "setting" dari pelatihan itu adalah mahasiswa dengan didampingi dosen akan menyusun rancangan untuk menentukan tema dan terus mengerucut. Jika ada bahan pustaka yang belum lengkap bisa dibawa pulang.

"Setelah divalidasi selanjutnya karya tersebut akan dikirim ke Jakarta. Sampai saat ini karya PKMGT mahasiswa UNY yang bisa dikirim ke Jakarta belum mencapai 50 judul," katanya.

Ia mengatakan jumlah itu masih jauh dari yang diharapkan. Padahal PKMGT sangat sederhana dan menguntungkan karena tidak perlu menggunakan dana untuk riset tetapi hanya mengemukakan gagasan.

"Gagasan yang luar biasa yang mungkin sulit dilaksanakan saat ini tetapi bisa dilaksanakan pada waktu mendatang. Gagasan-gagasan seperti itu yang ditunggu dari para generasi muda," katanya.

Menurut dia, pelatihan PKMGT merupakan salah satu kegiatan untuk peningkatan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik yang merupakan bagian dari peningkatan "softskill" untuk menjadi lebih baik.

(B015)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024