Finalis Dimas-diajeng cilik observasi destinasi wisata

id dimas diajeng

Finalis Dimas-diajeng cilik observasi destinasi wisata

Ilustrasi (duniajogja.com)

Sleman (Antara Jogja) - Sebanyak 30 finalis seleksi Dimas Diajeng Sleman Cilik 2013 melakukan observasi ke sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Observasi ini dikemas dalam bentuk `famtrip` atau `familiarizarion trip`," kata Kepala Seksi Dokumentasi dan Informasi Pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Sleman Wasita, Rabu.

Menurut dia, destinasi wisata yang dikunjungi meliputi Museum Gunungapi Merapi (MGM) di Pekam, Desa Wisata Grogol, di Kecamatan Moyudan dan Desa Wisata Gamplong di Kecamatan Minggir.

"Selain diajak untuk mengenal secara langsung ketiga destinasi wisata utama tersebut para finalis seleksi Dimas Diajeng Sleman Cilik 2013 juga diajak untuk mengunjungi panti asuhan Bina Insani di Dusun Sombangan Sumbersari, Moyudan, Sleman pimpinan Teguh, S.Ag," katanya.

Ia mengatakan, kunjungan ke panti asuhan ini dimaksudkan sebagai pembelajaran tentang aspek sosial dan spiritual maupun tentang "life skill" atau ketrampilan hidup.

"Di panti asuhan tersebut selain dibekali tentang keagamaan juga diajari secara langsung bagaimana menjalani usaha tentang peternakan, perikanan, pertanian dan sebagainya," katanya.

Sementara di Desa Wisata Grogol para peserta juga diajari ketrampilan membatik.

"Mereka juga sempat melakukan penanaman pohon penghijauan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan hidup dan alam sekitar," katanya.

Turut mendampingi "famtrip" tersebut Ketua Panitia Pemilihan Dimas Diajeng Cilik Sleman 2013 Nashrul Jihadan, tim dari Ikatan Dimas Diajeng Sleman (IDDS) yang diketuai Anindita Tiastata Yunarsa dan Kepala Seksi Promosi Wisata Disbudpar Sleman Rini Wahyu Hestari.

(V001)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024