Indonesia tuan rumah BMX-MTB Asia 2014

id indonesia tuan rumah

Indonesia tuan rumah BMX-MTB Asia 2014

Ilustrasi kejuaraan BMX (Foto Antara/Noveradika)

Jakarta (Antara Jogja) - Pertemuan Konfederasi Balap Sepeda Asia di New Delhi India pada 12 Maret lalu menyetujui Indonesia menjadi tuan rumah kejuaraan balap sepeda Asia disiplin BMX dan MTB pada Juni 2014.

"Dari 32 negara peserta kongres, semua mendukung untuk pengajuan Indonesia sebagai tuan rumah di dua disiplin itu, sedangkan yang jalan raya ("road race") berlangsung di Astana, Kazakhstan," kata Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) Sofyan Ruzian kepada Antara di Jakarta, Jumat.

Sofyan yang menghadiri langsung pertemuan tersebut dan baru saja kembali dari New Delhi, India, mengatakan persetujuan para partisipan kepada Indonesia, di antaranya karena fasilitas memadai sarana balap sepeda BMX di Siak, Riau, yang pada 2012 juga dijadikan arena Pekan Olahraga Nasional.

Kabar baik juga datang, kata dia, setelah peserta pertemuan Konfederasi Balap Sepeda Asia (ACC) itu juga menyetujui untuk disiplin MTB yang akan diselenggarakan di Lubuk Linggau, Sumatera Selatan. "Kami memang hanya ajukan dua disiplin itu, dan alhamdulillah peserta kongres menerimanya," ujarnya.

Kejuaraan tersebut rencananya akan digelar pada 23-24 Juni untuk MTB, dan 28-29 Juni 2014 untuk BMX. Sedangkan untuk disiplin jalan raya, akan diselenggarakan di Astana, Kazakhstan pada 20-31 Mei 2014.

Sofyan mengatakan, selama jangka waktu setahun lebih menjelang Kejuaraan itu, PB ISSI, pengurus provinsi dan  berbagai pihak terkait akan melakukan perbaikan fasilitas dengan mengundang langsung perwakilan dari federasi internasional guna memastikan proses pembenahan maksimal arena tersebut.

"Fasilitas yang di Riau saya kira sudah siap, memang yang di Lumbuk Linggau perlu pembenahan dan akan ada perwakilan dari federasi internasional untuk memantau," bebernya.

Pertemuan Federasi balap sepeda Asia itu juga dihadiri Presiden Persatuan Balap Sepeda Internasional (UCI) Pat McQuaid. Dari pertemuan tersebut, berdasarkan laman resmi UCI, para partisipan juga sepakat meperpanjang masa kepemimpinan Presiden Konfederasi Balap Sepeda Asia Cho Hee Wook (Korea Selatan) selama empat tahun ke depan, 2013-2017.

"Para delegasi juga memperbaharui mandat untuk Cho Hee Wook (South Korea) selama empat tahun ke depan," tulis laman resmi UCI.

Sementara itu, Kejuaraan BMX dan MTB Asia pada 2013 ini akan digelar di Singapura dan China pada Mei dan Juni mendatang. Saat ini, Kejuaraan Asia untuk disiplin jallan raya sedang berlangsung di India, hingga 17 Maret 2013.

(I029)

 

Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024