Menpora dukung PB Forki pertahankan juara umum

id menpora roy suryo

Menpora dukung PB Forki pertahankan juara umum

Menpora Roy Suryo (antaranews.com)

Jakarta (Antara Jogja) - Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo mendukung penuh langkah PB Forki dalam upayanya mempertahankan gelar juara umum pada SEA Games 2013 di Myanmar.

Siaran pers PB Forki, Minggu, menyebutkan Menpora yakin karate akan mampu mewujudkan itu, terlebih karate Indonesia sudah menyiapkan diri sejak lama menghadapi SEA Games Myanmar pada Desember mendatang.

 "Mudah-mudahan target juara bisa tercapai. Semoga semua prestasi internasional bisa menjadi milik Indonesia,"  kata Menpora dalam sambutan pada HUT ke-49 Forki di Dojo Honbu Shindoka di Kawasan Industri, Taman Tekno, Tangerang.

Menpora menyatakan karate adalah salah satu cabang berpotensi pada ajang multicabang tersebut. Terbukti, Indonesia mampu meraih 10 medali emas, dua perak, dan empat perunggu pada SEA Games 2011 di Jakarta dan Palembang.

Menpora yakin Indonesia akan mampu bersaing pada pesta olahraga dua tahunan tersebut. Forki memiliki program ketat menghadapi SEA Games 2013, termasuk akan mengikuti sembilan kejuaraan internasional  sebagai ajang uji coba sebelum tampil di Myanmar.

Sementara itu,  Ketua Umum PB Forki Hendardji Soepandji mengatakan Forki akan mengirimkan para karateka pelatnas untuk beruji coba pada sembilan kejuaraan internasional. Hal itu dilakukan guna mematangkan diri menghadapi SEA Games 2013 Myanmar.

Enam kejuaraan akan berlangsung di luar negeri, sementara tiga kejuaraan lain digelar di dalam negeri.

Kejuaraan-kejuaraan di luar negeri yang kemungkinan akan diikuti karateka Indonesia di antaranya Kejuaraan Karate Asia Tenggara (SEAKF) di Filipina, Kejuaraan Karate Asia (AKF) di Dubai, Uni Emirat Arab, Premier League di Istanbul, Turki, serta kejuaraan di Jepang, Korea Selatan, dan Jerman.

Sedangkan  kejuaraan internasional di dalam negeri adalah Karate Premier League di Jakarta, Islamic Solidarity Games, dan Kejuaraan Internasional OSO Cup.

(T.A020)