Richo dan Aida menangi Dimas-Diajeng Cilik

id richo dan aida

Richo dan Aida menangi Dimas-Diajeng Cilik

Ilustrasi (Foto duniajogja.com)

Sleman (Antara Jogja) - Richo Nouval Verdian Widagdo, dan Aida Nuha Nabila terpilih sebagai Dimas dan Diajeng Cilik Kabupaten Sleman 2013, setelah menyisihkan 28 finalis pada grand final, Minggu malam.

"Gelar Dimas-Diajeng Cilik Berbakat disandang Mayong Bibakkati Kawa, dan Aishalda Kuslardiyani," kata Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sleman Shavitri Nurmala Dewi MA selaku Pembina Ikatan Dimas Diajeng Sleman (IDDS), Senin.

Sedangkan Dimas-Diajeng Cilik Favorit, menurut dia disandang Richo Nouval Verdian Widagdo, dan Deanovella Septiana Hanifah.

Ia menyebutkan Dimas Cilik Sleman 2013 Richo Nouval Verdian Widagdo berasal dari SD Negeri Condongcatur, dan Diajeng Cilik Aida Nuha Nabila dari SD Negeri Klegung 1.

Wakil 1 adalah Bonifacius Hardo Priya Widodo dari SD Negeri Model, Sleman, dan Gabriella Aiko dari Yogyakarta Montesory Schooll.

Wakil 2 Devandra Budi Mahendra dari SD Negeri Nogotirto, dan Grimeisha Muktiya Erdiyasa dari SD Muhammadiyah Condongcatur.

"Harapan 1 Danurwindo Satrio Wahyu Aji dari SD Pangudiluhur Yogyakarta, dan Alissa Maydina Putri dari SD Budi Utomo, dan Harapan 2 Alden Adyabaswara dari SDN Ungaran 1 Yogyakarta, serta Vanya Putri Damayanti dari SD Muhammadiyah Sagan Yogyakarta," katanya.

Sedangkan Dimas-Diajeng Cilik Berbakat Mayong Bibakkati Kawa dari SD Negeri Lempuyangwangi, Yogyakarta, dan Aishalda Kuslardiyani dari SD Negeri Ungaran 1 Yogyakarta.

Kemudian Dimas-Diajeng Cilik Favorit Richo Nouval Verdian Widagdo dari SDN Condongcatur Sleman, dan Deanovella Septiana Hanifah dari SDN Percobaan 2 Sleman.

"Penilaian dalam pemilihan Dimas-Diajeng Cilik Sleman 2013 benar-benar dilaksanakan secara profesional, dan objektif dengan melibatkan juri-juri yang berkompeten," katanya.

Ia mengatakan Bupati Sleman Sri Purnomo memberikan apresiasi terhadap Dimas-Diajeng Sleman 2013 ini, dan berharap mereka mampu mengenalkan dan memunculkan kepedulian akan kebudayaan lokal kepada masyarakat luas.

"Mereka diharapkan juga dapat mengemban tugas sebagai duta budaya dan pariwisata Sleman untuk turut melestarikan dan mengenalkan potensi pariwisata di Provinsi DIY, khususnya Kabupaten Sleman," katanya.

Pemilihan Dimas Diajeng Cilik Sleman sekaligus sebagai sarana belajar bagi generasi muda untuk mengenal lebih baik budaya daerah sehingga dapat memiliki rasa handarbeni yang tinggi terhadap budaya sendiri.

"Dengan demikian generasi muda dapat nguri-uri budaya daerah yang pada gilirannya dapat menguatkan kecintaan terhadap budaya daerah sebagai filter yang kuat terhadap pengaruh negatif budaya asing," katanya.

(V001) 
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024