Harga rempah di Yogyakarta stabil

id rempah

Harga rempah di Yogyakarta stabil

Rempah-rempah di pasar tradisional (Foto antaranews.com)

Yogyakarta (Antra Jogja) - Harga rempah-rempah di sejumlah pasar tradisional di Kota Yogyakarta, Senin, relatif stabil, karena persediaan mampu memenuhi permintaan.

"Selama ini rempah-rempah tersedia secara cukup dan mampu memenuhi kebutuhan konsumen sehingga harga komoditas itu tidak mengalami perubahan," kata pedagang di Pasar Demangan Yogyakarta Mulyadi.

Ia mengatakan selama ini pasokan rempah-rempah tidak ada hambatan, sehingga barang selalu tersedia di pasar.

"Permintaan masyarakat terhadap rempah-rempah juga tidak ada peningkatan, sehingga harga relatif stabil," katanya.

Menurut dia, harga lada masih tetap Rp61 ribu per kilogram, ketumbar Rp38 ribu per kilogram, pala Rp37 ribu per kilogram, dan jahe Rp45.500 per kilogram.

Pedagang di Pasar Sentul Yogyakarta Sulastri mengatakan, harga rempah-rempah relatif stabil karena pasokan lancar.

"Stabilnya harga rempah-rempah juga disebabkan oleh permintaan konsumen yang relatif normal. Selama ini permintaan masyarakat terhadap rempah-rempah tidak ada peningkatan," katanya.

Menurut dia, harga lada tetap Rp60 ribu per kilogram, ketumbar Rp38.500 per kilogram, pala Rp36.500 per kilogram, dan jahe Rp45 ribu per kilogram.

"Harga itu tidak berubah sejak beberapa hari lalu. Biasanya harga akan naik jika persediaan barang di pasar terbatas, sedangkan permintaan konsumen melonjak," katanya.**


(B015)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024