AVC tawari Indonesia tuan rumah kejuaraan Asia

id bola voli pantai

 AVC tawari Indonesia tuan rumah kejuaraan Asia

ilustrasi voli pantai (foto Antara)

Palembang (Antara Jogja) - Konfederasi Bola Voli Asia menawari Indonesia menjadi tuan rumah Kejuaraan Asia pada 2014, karena memiliki sejumlah arena olahraga bertaraf internasional yakni di Palembang dan Denpasar.

"Pada agenda pertemuan tahunan Konfederasi Bola Voli Asia  (Asian Volleyball Confederation/AVC), Indonesia ditawari menjadi tuan rumah Kejuaraan Asia bahkan untuk empat tahun berturut-turut," kata Kepala Bidang Voli Pantai Pengurus Besar Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia Slamet Mulyono di Palembang, Rabu.

Ia mengatakan, Indonesia hingga kini belum memberikan jawaban mengingat sejumlah daerah yang diharapkan PB PBVSI untuk mengambil kesempatan itu terlihat masih ragu-ragu.

"Harapan sebenarnya tertuju kepada Sumatera Selatan karena sukses menggelar kejuaraan tingkat Asia Pasifik, bahkan tahun ini menjadi yang ketiga," katanya.

Ia menambahkan, dari segi fasilitas arena pertandingan maka Palembang lebih unggul dibandingkan Bali karena berada di kawasan Komplek Olahraga Jakabaring.

Meski Bali telah empat hingga lima kali menggelar kejuaraan internasional, tapi PB PBVSI ingin mengangkat Sumsel sebagai daerah yang menjadi tuan rumah SEA Games tahun 2011.

"Dukungan dari pemerintah daerah dalam bidang olahraga juga menjadi dasar mengapa menginginkan Sumsel. Memang dari segi dana akan meningkat hingga tiga kali lipat dari pelaksanaan kejuaraan tingkat Asia Pasifik, tapi akan sangat luar biasa terutama dari segi perekonomian dan pariwisata," katanya.

Sementara, Wakil Ketua Umum KONI Sumsel Dhenie Zainal menyambut baik keinginan PB PBVSI itu, hanya saja pemerintah daerah harus menganalisa lebih mendalam mengingat dana yang dikeluarkan relatif besar.

"Bisa jadi untuk dua tahun berturut-turut saja dahulu, atau dicoba satu kali dulu, karena Sumsel memiliki sejumlah agenda internasional lain dari berbagai cabang olahraga," katanya.

Seusai menjadi tuan rumah SEA Games tahun 2011, Sumsel sering menggelar kejuaraan tingkat internasional untuk tetap meramaikan dan memanfaatkan arena olahraga bertaraf internasional di kawasan Jakabaring.

Agenda pertama untuk 2013 yakni menjadi tuan rumah Kejuaraan Internasional Triathlon dan Dualtlon, 29-31 Maret 2013.
(KR-DLY)
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024