Menkominfo buka event paralayang unternasional di Agam

id menkoinfo buka paralayang

Menkominfo buka event paralayang unternasional di Agam

Menteri Kominfo Tifatul Sembiring (Foto ANTARA/Regina Safrie)

Lubukbasung, Sumbar, (Antara Jogja) - Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring akan membuka event paralayang internasional kategori ketepatan mendarat (KTM) di Puncak Lawang, Kabupaten Agam, pada 16-21 April 2013.

Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata Dinas Parawisata dan Kebudayaan Kabupaten Agam Azmeldi Aziz di Lubukbasung, Jumat, mengatakan, event internasional kategori KTM yang diikuti sembilan negara Asia Tenggara ini akan dibuka oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring.

"Saat ini kita telah mempersiapkan kedatangan Menteri Komunikasi dan Informatika," kata Azmeldi Aziz.

Dia menambahkan, kesembilan negara Asia Tenggara yang akan ikut andil dalam event paralayang KTM Internasional tersebut yakni, Indonesia, Brunei Darusalam, Singgapura, Filipina, Thailand, Myanmar, Timur Leste dan Malaysia.

"Atlet dari sembilan negara ini telah mendaftar dan menyatakan siap untuk mengikuti event ini kepada panitia dari Agam World Cup Paragleding (AWCP)," tambah Azmeldi Aziz.

Dia menambahkan, lomba ini akan mengambil "take off" di Puncak Lawang Kecamatan Matur dan mendarat di Bayur Kecamatan Tanjung Raya. "Kedua lokasi ini dinilai sangat bangus oleh paragleding," katanya.

Saat ini, Pemkab Agam dan AMCP sudah mempersiapkan lokasi take off dan landing. Sedangkan biaya selama event, mulai dari honor panitia, penginapan dan lainnya ditanggung sponsor yang diakomodir oleh AWCP.

Sehari sebelum event paralayang KTM Internasional ini, menurut dia, juga diadakan kejuaraan Sumatera Barat.

Menurut dia, event ini bertujuan meningkatkan jumlah kunjungan ke Kabupaten Agam. "Event ini merupakan salah satu rangkaian promosi wisata ke pengunjung," sebut dia.

Untuk itu, dengan diadakan event ini pihaknya berharap jumlah kunjungan ke Kabupaten Agam meningkat dari tahun sebelumnya.

Kunjungan wisatawan ke Agam pada tahun 2012 sebanyak 252.510 orang wisatawan nusantara dan 19.006 orang wisatawan manca negera, tahun 2011 sebanyak 187.204 wisatawan nusantara dan 11.668 wisatawan manca negera dan tahun 2010 sebanyak 154.891 wisatawan nusantara dan 19.273 wisatawan mancanegera.
(KR-MLN)
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024