Sel A-5 Lapas Cebongan berisi tahanan baru

id lapas cebongan dihuni

Sel A-5 Lapas Cebongan berisi tahanan baru

Lembaga Pemasyarakatan Cebongan, Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (Foto antarayogya.com)

Sleman (Antara Jogja) - Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Cebongan Kabupaten Sleman Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta telah memfungsikan lagi ruangan sel A-5 Anggrek, tempat penembakan empat tahanan Polda Yogyakarta pada Sabtu (23/3) lalu.

"Setelah dibersihkan dan dicat ulang, sel A-5 sudah mulai difungsikan lagi untuk menampung tahanan. Sekarang diisi tahanan baru. Sedangkan 31 tahanan yang melihat langsung penembakan terhadap empat tersangka pelaku pengeroyokan dan pembunuhan anggota Kopassus sudah dipindahkan ke sel lain," kata Kepala Bagian Tata Usaha dan Humas Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas II B Sleman, Aris Bimo, di Sleman, Minggu.

Menurut dia, sebelumnya pihak LP Cebongan juga menawarkan kepada 31 tahanan tersebut ingin tetap di sel A-5 atau pindah di ruangan lain.

"Hanya satu-dua tahanan lama yang berani dan atas permintaan sendiri untuk tetap tinggal di Sela A-5, sedangkan tahanan lainnya minta untuk dipindahkan ke sel lain," katanya.

Ia menyatakan, hampir semua tahanan yang sebelumnya berada di sel A-5 itu mengalami trauma dan ketakutan setelah insiden penyerangan dan penembakan terhadap empat tahanan titipan Polda DIY yang dilakukan kelompok bersenjata api.

"Sebagian besar mereka mengalami trauma, dan saat ini mereka masih mendapatkan bimbingan serta pendampingan untuk menghilangkan trauma. Kami sengaja bekerjasama dengan psikolog Universitas Gadjah Mada untuk mendampingi mereka," kata dia lagi.

Aris Bimo mengemukakan, agar para tahanan itu kembali dapat pulih dari trauma yang dialami memerlukan waktu yang berbeda-beda, mengingat setiap tahanan mempunyai kondisi kejiwaan yang berlainan.

"Yang jelas, tahanan yang sebelumnya berada di sel A-5 saat ini sudah bergabung dengan sel narapidana yang lain karena mereka masih takut tinggal di sel A-5," kata dia pula.

Ia menegaskan, kondisi Sel A-5 saat ini sudah berubah, tembok sudah dicat dengan warna yang berbeda, kasur dan karpet juga sudah diganti dengan yang baru.

"Sel A-5 telah diisi dengan tahanan titipan baru sejak beberapa hari kemarin. Tahanan yang baru tidak melihat pembantaian itu, sehingga mereka tidak mengalami trauma atau ketakutan," kata dia lagi.

(V001)
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024