Dishub siapkan Rp720 juta tambah empat ATCS

id pemkot

Dishub siapkan Rp720 juta tambah empat ATCS

Pemda Kota Yogyakarta (Istimewa)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta menganggarkan dana sekitar Rp720 juta untuk menambah empat titik "automatic traffic control system" pada 2013.

ATCS itu kini sedang dalam proses perencanaan untuk dimasukkan ke Unit Layanan Pengadaan, kata Kepala Seksi Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Windarto di Yogyakarta, Selasa.

"Penambahan keempat simpang dengan `automatic traffic control system` (ATCS) tersebut untuk meneruskan program yang telah dilaksanakan tahun sebelumnya," katanya.

Menurut dia, simpang yang akan ditambah dengan fasilitas ATCS tersebut adalah dari simpang Ngabean, simpang PKU Muhammadiyah, simpang eks Bioskop Permata dan simpang Pasar Sentul.

Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta berencana melengkapi seluruh simpang jalan yang menghubungkan Wirobrajan hingga Gedong Kuning dengan fasilitas ATCS.

Namun, saat ini baru ada empat simpang yang telah dilengkapi dengan fasilitas tersebut, yaitu dari simpang Wirobrajan, Badran, Kantor Pos Besar Yogyakarta dan Gondomanan.

Pemanfaatan ATCS tersebut dapat membantu petugas mengatur lama waktu tunggu di tiap simpang secara otomatis disesuaikan kepadatan lalu lintas di lokasi tersebut tanpa harus turun ke lapangan.

Selain menambah fasilitas ATCS di sejumlah simpang yang menghubungkan jalur utama di Kota Yogyakarta, Dinas Perhubungan juga telah melengkapi setiap simpang dengan "counter down".

"Ada 58 simpang, dan seluruhnya sudah dilengkapi `counter down` yang berfungsi dengan baik. Jika ada kerusakan, hanya kurang dari satu persen karena akan langsung ditangani," katanya.

Windarto menyatakan, simpang menuju Jembatan Amarta memang belum dilengkapi dengan "counter down" karena lampu pengatur lalu lintas di lokasi tersebut hanya bersifat membantu masyarakat.

"Penempatan lampu lalu lintas di lokasi tersebut hanya dimaksudkan untuk membantu masyarakat beradaptasi karena sebenarnya tidak diperlukan lampu lalu lintas," katanya.

Jika berdasarkan hasil evaluasi dinyatakan perlu ada tambahan lampu lalu lintas di lokasi tersebut, lanjut dia, maka Dinas Perhubungan akan menambah fasilitas "counter down" di lokasi tersebut.

(E013)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024