Justin Bieber dan Taylor Swift raih penghargaan tertinggi Billboard Award

id Justin Bieber

Justin Bieber dan Taylor Swift raih penghargaan tertinggi Billboard Award

Justin Bieber (Foto antaranews.com)

 Los Angeles (Antara/Reuters Jogja) - Bintang pop Justin Bieber dan Taylor Swift meraih penghargaan tertinggi dalam Billboard Music Awards pada Minggu, yang juga menganugerahi penghargaan untuk dua legenda Madonna dan Prince.

Bieber, yang menyabet penghargaan artis pria paling top, juga tampil dalam acara di MGM Grand Garden Arena di Las Vegas itu.

Ia juga memboyong piala Milestone Award, kategori pilihan penggemar, untuk inovasi dan kreativitas musiknya.

"Saya berumur 19 tahun. Saya rasa saya telah melakukan pekerjaan dengan baik," kata Bieber. "Ini benar-benar tentang musik, bukan tipuan. Saya seorang artis dan saya serius tentang ini. Dan semua hal gila lain seharusnya tidak terungkap keluar."

Bintang belia itu tidak menjelaskan lebih lanjut ucapannya namun dalam beberapa bulan terakhir ia dikabarkan terlibat sejumlah insiden mulai dari kesalahan mengemudi hingga laporan pesta gila-gilaan serta penemuan narkoba dalam busnya saat tur di Swedia.

Sementara itu Taylor Swift memboyong penghargaan tertinggi sebagai artis tahun ini.

Ia mengucapkan terima kasih kepada para penggemarnya dan mengatakan, "Kamulah hubungan saya yang paling lama dan paling berharga yang pernah saya punya."

 Diva pop Madonna dianugerahi artis tur paling top untuk "MDNA Tour" pada 2012 yang mencatat angka penjualan tertinggi.

Madonna melangkah ke atas panggung untuk menerima penghargaan dari will.i.am, mengenakan stoking jala hitam, ikat kaos kaki, dan kalung pendek berliontin gembok.

Tur MDNA meraup penjualan tiket lebih dari 305 juta dolar AS dari 88 penampilan serta menarik hingga 2,2 juta penonton.

 Madonna menyapa penggemarnya dengan perkataan: "Seorang gadis panggung butuh penggemarnya. Terima kasih telah mendukung saya selama tiga dekade."

Ia juga berterima kasih kepada empat anak-anaknya karena dukungan mereka yang luar biasa.

 "Billboard Music Awards yang dipandu bintang "30 Rock" Tracy Morgan dibuka dengan penampilan Bruno Mars menyanyikan "Treasure".

Penghargaan lain dianugerahkan kepada Macklemore dan Ryan Lewis dengan lagu rap terbaik "Thrift Shop", seta Nicki Minaj yang memboyong piala penyanyi rap terbaik.

 Pelantun lagu "Call Me Maybe" Carly Rae Jepsen meraih penghargaan lagu digital paling top, sementara Swift membawa pulang piala untuk album Billboard 200 paling top untuk albumnya "Red".

Produser dan DJ asal Prancis David Guetta meraih penghargaan musik elektrik terbaik.

Dalam acara tersebut, Bieber menyanyikan lagu pilihan penggemar "Take You" sebelum kemudian berduet dengan will.i.am menyanyikan #ThatPOWER."

 Penyanyi lain yang tampil bersama adalah Jennifer Lopez dan Pitbull menyanyikan #LiveItUp", Minaj dan Lil Wayne menyanyikan "High School", serta Christina Aguilera dan Pitbull menyanyikan "Feel This Moment".

 Artis lain yang tampil adalah Selena Gomez, Chris Brown, Icona Pop, Psy dan Swift yang menggondol delapan dari 11 nominasi penghargaan Billboard.

 Dalam penampilannya, penyanyi Miguel yang membawakan lagu "Adorn" memberikan kejutan dengan melompat dari atas panggung dan mendarat diatas dua perempuan muda. Tidak ada keterangan dari pihak penyelenggara apakah mereka terluka akibat aksi tersebut.

 Acara malam itu ditutup dengan pemberian piala Icon Award untuk Prince, sebagai pengakuan atas karir uniknya serta pencapaiannya di industri musik.

 Prince menyanyikan lagu medley untuk menutup acara dan tidak memberikan kata ucapan atas penghargaan yang diterimanya.

(S. Haryati)