Etape V TdS dijuluki "king of montain"

id balap sepeda

Etape V TdS dijuluki "king of montain"

Balap sepeda (Foto Antara/Wahyu Putro)

Padang Aro (Antara Jogja) - Etape V Tour de Singkarak (TdS) yang start dari Kota Sawahlunto dan finis di Kabupaten Solok Selatan mendapat julukan "king of mountain" karena tantangannya yang tinggi.

"Jalur ini mendapat julukan 'king of mountain' karena tantangan yang diberikan cukup tinggi dan menantang," kata Kepala Dinas Budaya Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Budparpora) Solok Selatan Natsuwarman di Padang Aro, Senin.

Dia mengatakan, pada event TdS tahun ini Solok Selatan mendapat jatah finis etape V pada 6 Juni.

"Etape V dengan start Kota Sawahlunto dan finis di Solok Selatan harus melewati Kabupaten Solok dengan jalur Bukik Sileh, Alahan Panjang dan Muara Labuh. Jalur ini banyak tanjakan dan rintangan jalan yang menarik sehingga mendapat julukan 'king of mountain'," kata dia.

Dia menyebutkan, etape V ini selain jalur yang paling menantang juga hadiah yang diberikan paling besar dari etape yang lainnya.

Untuk menyambut TdS ke Solok Selatan, katanya, pemkab setempat sudah melakukan berbagai persiapan sehingga nantinya etape yang finis di daerah itu berjalan lancar.

"Solok Selatan sudah bersiap-siap untuk menghadapi TdS tahun ini dan kita berharap dukungan dari semua pihak supaya berjalan lancar dan aman serta sukses,"imbuhnya.

Dia menyebutkan, dalam persiapan menyambut event tahunan ini pemerintah setempat telah melakukan persiapan dan sosialisasi seperti pemasangan baliho, spanduk dan stiker di kendaraan milik pemerintah dan masyarakat.

"Hampir semua daerah strategis yang ada di daerah itu sudah dipasangi baliho dan spanduk sedangkan untuk mobil Pemerintah Kabupaten sudah semuanya dipasang," sebutnya.

Untuk persiapan TdS ini, kata dia, jalan menuju Solok Selatan yang sebelumnya rusak parah sekarang sudah diperbaiki.

"Kita bisa melihat jalur yang akan dilewati TdS etape V tersebut sedang dalam proses perbaikan dan sekarang para rekanan melakukan pengerjaan siang dan malam," katanya.

Untuk etape V ini imbuhnya, para pebalap akan menempuh jarak 138 kilometer dan direncanakan start sekitar pukul 09.00 WIB dan finis sekitar pukul 14.00 WIB di Solok Selatan.

(KR-HMR)