PSSI Bantul bantah Persiba pakai dana APBD

id Idham Samawi

PSSI Bantul bantah Persiba pakai dana APBD

Pelantikan Pengcab PSSI Bantul DIU di Rumah Dinas Bupati setempat, Rabu (Foto Antara/Hery Sidik)

Bantul (Antara Jogja) - Pengurus Cabang Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, membantah penggunaan dana yang bersumber dari anggaran pendapatan belanja daerah untuk operasional pemain Persiba Bantul.

"Kalau ada yang mengatakan Persiba Bantul pakai dana APBD yang dilewatkan melalui Pengurus Cabang (Pengcab) PSSI itu orang yang sangat picik yang ingin menyudutkan Persiba," kata Ketua Umum Pengcab PSSI Bantul, Idham Samawi di Bantul, Rabu.

Menurut dia, pada pelantikan Pengcab PSSI Bantul periode 2013-2017 di Rumah Dinas Bupati Bantul, sebagai Ketua Umum yang terpilih kembali dirinya mengklaim mengetahui penggunaan dana operasional sepak bola kesayangan warga Bantul tersebut.

Bahkan, kata mantan Bupati Bantul usai dikeluarkan aturan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) yang melarang penggunaan APBD pada klub sepak bola mulai 2012 lalu, sejak saat itu sudah tidak mengganggarkan untuk Persiba.

"Karena apa, ketika aturan tidak membolehkan, maka seketika itu juga saya putuskan untuk tidak menggunakan APBD untuk Persiba Bantul, meski dengan resiko bisa terseok-seok dan sebagainya," kata Manajer Persiba Bantul ini.

Meski begitu, pihaknya menduga ada kemungkinan dibebebrapa daerah lain yang memiliki klub sepak bola yang masih menggunakan APBD, namun dirinya tidak bisa menyebutkan dengan alasan tidak ingin ada campur tangan.

"Namun saya tegaskan bagi persiba itu tidak ada (pakai ABPD) dan pada siapapun juga atau pihak yang membikin `intrik` penggunaan APBD itu tidak benar, meskipun akan kami hadapi dengan situasi yang sulit," katanya.

Ia mengatakan, disisi lain pihaknya juga menyampaikan bahwa Persiba sebelum sampai sejauh ini awalnya hanya mengikuti kompetisi antarkampung, namun saat ini Persib Bantul sudah termasuk tim elite di sepakbola Nasional.

"Dan saya bersyukur ketika lima putra Bantul pernah main di Tim Nasional (Timnas) yang sebelumnya belum pernah terjadi, mulai dari Nopendi, Juan Manaji, Riyanto, Dinan dan Antoni, kami patut bangga," katanya.

Oleh sebab itu, kata dia Pengcab PSSI Bantul akan mengawal Persiba di tahun depan agar bisa lebih baik lagi. "Kalau untuk pembinaan perkumpulan saya rasa tidak masalah apabila menggunakan dana APBD," katanya.

(KR-HRI)