Dispar DIY dukung pelestarian burung berkicau

id dispar diy dukung

Dispar DIY dukung pelestarian burung berkicau

Lomba Burung Berkicau Piala Sultan HB X Tahun 2011 di pelataran Candi Prambanan Yogyakarta (Foto antaranews.com)

Jogja (Antara Jogja) - Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta mendukung pelestarian burung berkicau melalui penyelenggaraan Lomba Seni Burung Berkicau Nasional ke-13 yang akan digelar di pelataran Candi Prambanan Yogyakarta, 9 Juni mendatang.

Kepala Seksi Program Informasi Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Setyawan di Yogyakarta, Selasa, mengatakan lomba ini memperebutkan Piala Sultan Hamengku Buwono X.

Penyelenggaraannya atas kerja sama Pelestari Burung Indonesia, Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, serta Dinas Pariwisata DIY.

"Masyarakat pecinta burung khususnya burung berkicau di Indonesia jumlahnya jutaan orang. Ini pangsa pasar menarik untuk dijadikan peluang bisnis, khususnya di sektor pariwisata," kata  Setyawan.

Menurut dia, Lomba Seni Burung Berkicau Nasional ini sudah beberapa kali digelar, dan pesertanya dari seluruh Indonesia.

Ia mengatakan lomba ini secara langsung berdampak positif bagi pelaku pariwisata di DIY, baik kuliner, hotel maupun transportasi, karena banyak peserta yang membawa rombongan keluarganya.

"Apalagi pelaksanaan kegiatan ini bertepatan dengan libur sekolah, yang tentu antusiasme peserta akan meningkat. Kami  optimistis penyelenggaraan lomba seni burung berkicau tahun ini akan lebih sukses dibanding tahun lalu," kata Setyawan.

Ia mengatakan lomba ini diharapkan membawa efek ganda yang luar biasa bagi masyarakat, termasuk hotel, kuliner, maupun pedagang cenderamata di arena lomba.

"Bagi pengunjung dan keluarga bisa mengikuti lomba sekaligus menikmati keindahan Candi Prambanan," katanya.

Menurut dia, informasi lebih lanjut bisa menghubungi Kantor Dinas Pariwisata DIY di Jalan Malioboro 56 Yogyakarta, atau telepon (0274) 587486.


(H008)
 

Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024