Walhi "Barter Hijau" peringati Hari Lingkungan Hidup

id walhi yogya hijau

Walhi "Barter Hijau" peringati Hari Lingkungan Hidup

ilustrasi (foto antaranews.com) (penghijauan)

Jogja (Antara Jogja) - Wahana Lingkungan Hidup Yogyakarta menggelar kegiatan "Barter Hijau" untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh setiap 5 Juni.

"Melalui kegiatan `barter hijau` masyarakat bisa menukarkan kertas dari jenis apa saja mulai dari kertas koran hingga kertas HVS minimal tiga kilogram (kg) untuk ditukar dengan satu bibit pohon buah," kata Ketua Panitia "Barter Hijau" Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Yogyakarta Mulia Putri Arumsari di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, Walhi Yogyakarta telah menyiapkan 300 bibit pohon buah di antaranya buah alpukat, sirsak, rambutan, nangka dan kluwih.

"Yogyakarta adalah kota pelajar dan tentunya banyak kertas yang menumpuk di kost atau di rumah. Daripada kertas itu tidak terpakai, maka sebaiknya ditukar di Walhi untuk memperoleh bibit pohon yang bisa ditanam untuk menghijaukan bumi," katanya.

Meskipun baru digelar untuk pertama kali dan hanya disosialisasikan melalui media jejaring sosial, namun Mulia mengatakan tanggapan masyarakat cukup bagus karena sudah banyak yang memberikan konfirmasi untuk menukarkan kertas dengan bibit pohon.

Penukaran kertas dengan bibit pohon dilayani di Kantor Walhi yang beralamat di Jalan Nyi Pembayun Nomor 14 A Kotagede Yogyakarta.

"Di Yogyakarta, mencari bibit pohon buah cukup sulit. Karenanya, dalam program ini kami memilih bibit pohon sebagai ganti kertas," katanya.

Setiap masyarakat, maksimal bisa menukarkan sembilan kilogram kertas untuk tiga bibit pohon. Kertas yang terkumpul kemudian akan didaur ulang.

Selain program "Barter Hijau", Walhi juga memiliki program Donasi Pohon, yaitu mengumpulkan donasi untuk pengadaan bibit pohon karena Walhi Yogyakarta juga memiliki pusat pembibitan.

(E013)
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024