Harga rempah di Yogyakarta stabil

id harga rempah di yogya

Harga rempah di Yogyakarta stabil

Ilustrasi rempah-rempah (Foto cosmos.com)

Jogja (ANTARA Jogja) - Harga rempah-rempah di sejumlah pasar tradisional di Kota Yogyakarta, Jumat, relatif stabil karena pasokan lancar dan persediaan mencukupi.

"Harga rempah-rempah sejak beberapa hari terakhir relatif stabil karena barang yang tersedia di pasar cukup untuk memenuhi permintaan konsumen," kata pedagang di Pasar Demangan Yogyakarta, Mulyadi.

Menurut dia, harga lada masih tetap Rp61.000 per kilogram, ketumbar Rp38.000/kg, pala Rp37.000/kg, dan jahe Rp45.500/kg.

"Harga stabil karena tidak ada faktor yang menyebabkan untuk berubah. Selama ini, pasokan lancar, persediaan mencukupi, dan permintaan normal," katanya.

Pedagang di Pasar Sentul Yogyakarta, Sulastri, mengatakan bahwa harga rempah-rempah tidak berubah sejak pekan lalu karena pasokan lancar dan persediaan di pasar cukup untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

"Harga lada saat ini masih tetap Rp60.000/kg, ketumbar Rp38.500/kg, pala Rp36.500/kg, dan jahe Rp45.000/kg," katanya.

Menurut dia, harga tidak mengalami perubahan sejak pekan lalu. Harga relatif stabil karena semuanya normal dalam arti pasokan lancar, persediaan mencukupi, dan permintaan tidak ada lonjakan.

Harga akan berubah jika ada yang luar biasa, seperti pasokan terlambat lama, persediaan barang di pasar sedikit, dan permintaan konsuman melonjak.

"Namun, selama ini, pasokan rempah-rempah tidak ada hambatan sehingga barang selalu tersedia di pasar. Apalagi, permintaan konsumen terhadap komoditas itu juga normal," katanya.
(B015)
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024