Taufik Ismail beri pencerahan puisi di Batang

id taufik ismail beri

Taufik Ismail beri pencerahan puisi di Batang

Taufik Ismail (Foto antaranews.com)

Batang (Antara Jogja) - Sastrawan Taufik Ismail memberikan pencerahan karya puisi di hadapan puluhan pelajar sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Selasa.

Taufik Ismail yang pernah dibesarkan di Kota Pekalongan ini mengatakan untuk menjadi seniman terkenal ternyata tidak semudah, dan seindah gambaran masyarakat secara umum.     
   
"Kami merintis karir menjadi seorang penulis ternyata tidak mudah, hingga akhirnya diakuinya eksistensi dalam dunianya. Kami sejak SMA sudah mulai menyenangi membaca karya sastra penyair kondang pada masanya," katanya.

Ia mengatakan ketertarikan dirinya pada dunia sastra karena karya sastra bisa menjadi media menyampaikan aspirasi, atau wadah guna mengungkapkan isi hatinya.

Selain itu, kata dia, dengan media sastra menjadikan dirinya bebas berekspresi dalam bentuk tulisan.

"Kami semasa duduk di bangku SMA juga mengirimkan tulisan ke media massa, meski terkadang karyanya belum langsung dimuat. Kami bahkan tidak jarang mendapat surat dari media cetak bahwa tulisannya belum bisa dimuat," katanya.

Ia mengaku dirinya tidak pernah putus asa saat karya tulisannya tidak dimuat di media massa. "Kami memang sudah berulangkali mengirim karya sastra ke media cetak, dan banyak yang tidak dimuat. Kami tidak putus asa, dan berusaha keras terus berkarya, hingga akhirnya dapat dimuat. Sedangkan hasil karya yang dimuat tentunya disebarluaskan pada teman sekolah," katanya.

Ia mengatakan sebenarnya kemampuan menulis sudah ada sejak dirinya menempuh jenjang pendidikan di SMP, tetapi keberanian mengirim karya sastra baru dimulai saat di SMA.

"Kami harus berjuang dengan tidak mengenal lelah agar karya sastra dapat dimuat di media cetak, dan akhirnya setelah dua tahun ternyata karya mulai dimuat. Kami bangga dengan dimuatnya karya sastra, karena guru sekolah juga memberikan dorongan agar terus berkarya, sekaligus membawa nama baik sekolah," katanya.

(KR-KTD)

 

Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024