Kirab Budaya Merti Bumi Godean berlangsung semarak

id merti dusun godean

Kirab Budaya Merti Bumi Godean berlangsung semarak

ilustrasi kirab budaya (Foto ANTARA)

Sleman (Antara Jogja) - Upacara puncak Merti Bumi se Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman yang dipusatkan di Desa Sidomoyo, Sabtu ditandai dengan kirab budaya yang dihadiri Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Paku Alam IX.

Kirab budaya yang juga dihadiri Bupati Sleman Sri Purnomo serta Ketua DPRD Sleman Kuswanti itu menampilkan bregodo prajurit, kirab potensi seni dan budaya serta segenap potensi baik sumber daya alam maupun hasil pertanian, peternakan dan perikanan.

Kirab diawali dari Pendopo Kecamatan Godean yang ditandai dengan penyerahan "songsong sapto tunggal roso" yang diharapkan mengayomi tujuh desa di wilayah Kecamatan Godean kemudian menjadi cucuk lampah jalannya kirab ke Depan Balai Desa Sidomoyo yang jaraknya sekitar empat kilometer.

Turut memimpin jalannya kirab dengan mengendarai kuda Ketua DPRD Sleman Kuswanto, sedangkan Bupati Sleman beserta istri mengendarai andong diikuti andong berikutnya Camat Godean, Muspika serta para kepala desa dan pegawai Kecamatan Godean.

Kirab yang melewti Jalan Godean sempat menimbulkan kemacetan lalu lintas yang cukup panjang karena banyaknya peserta kirab dan banyaknya penonton yang menyaksikan kirab.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Gubernur DIY Sri Paku Alam IX juga berkenan menyambut peserta kirab di lokasi finish depan Balai Desa Sidomoyo.

Di depan Wakil Gubernur perserta kirab selain memberi penghormatan juga menyajikan potensi yang dimiliki di tengah guyuran hujan rintik-rintik.

Pada malam harinya juga digelar wayang kulit semalam suntuk dalang Ki Sutono yang mengambil lakon Gareng Kembar yang dimeriahkan pelawak Yogyakarta.

(U.V001)
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024