48.563 korban gempa Aceh Tengah mengungsi

id 48.563 korban gempa

Pengungsi korban gempa Aceh (Foto antaranews.com)

Banda Aceh (Antara Jogja) - Sebanyak 48.563 jiwa korban gempa yang tersebar di 12 kecamatan di Kabupaten Aceh Tengah mengungsi karena rumah mereka rusak akibat bencana alam pada Selasa (2/7) itu.


"Data sementara yang kami peroleh dari kecamatan terparah dampak gempa itu pengungsi mencapai 48.563 orang, termasuk mereka yang mendirikan tenda di depan rumahnya," kata Kabag Humas dan Protokol Sekdakab Aceh Tengah Mutafa Kamal di Takengon, Minggu.


Ia menjelaskan, penambahan jumlah pengungsi tersebut setelah semua kecamatan mengirimkan data penduduknya ke Pemkab Aceh Tengah.


"Selama ini data yang dikumpulkan hanya pengungsi di dua kecamatan yang terkena dampak terparah. Sementara pengungsi di 10 kecamatan lain baru didata," katanya.


Peningkatan jumlah pengungsi juga disebabkan adanya warga yang selama ini tidak terdata di lokasi pengungsian karena lebih memilih tetap tinggal di sekitar rumahnya yang rubuh dengan membangun tenda darurat, kata dia.


"Meski mereka tidak tinggal sementara di pengungsian namun korban yang rumahnya juga rusak berat tetap bertahan dibawah tenda plastik didirikan di dekatnya rumah yang rusak, dan mereka tergolong pengungsi," kata Mustafa Kamal.


Aceh Tengah merupakan wilayah terparah terkena dampak gempa 6,2 Skala Richter yang mengakibatkan 32 orang meninggal dunia, 92 luka berat, tujuh orang masih hilang dan hampir 400 luka ringan.


Mustafa menyebutkan data pemkab Aceh Tengah mencatat  12 dari 14 kecamatan terkena dampak (85,71 persen), atau 242 kampung (desa) dari 352 kampung (68,75 persen.


Gempa juga merusak sebanyak 13.862 rumah warga, melumpuhkan 77 unit kantor satuan kerja pemerintah (48 diantaranya rusak berat), merusak 195 unit sarana kesehatan (RSU, Puskesmas, Pustu, Poskesdes, Polindes, serta rumah dinas dokter dan paramedis).


Selain itu, bencana alam gempa pada siang hari Selasa itu juga merusakkan sebanyak 292 sarana pendidikan TK/SD/SMP/SMA sederajat (158 rusak berat dan 134 rusak sedang) di Aceh Tengah.


Mustafa juga menjelakan, sarana ibadah juga tidak luput dari dampak bencana gempa. Dari data terakhir 131 unit mesjid/mushala mengalami kerusakan, 36 unit diantaranya rusak berat.


"Kita akan terus mengeluarkan data terbaru terkait dengan dampak gempa termasuk korban harta dan meninggal dunia," kata Kabag Humas dan Protokol Sekdakab Aceh Tengah.


(A042)

Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar