Ahli: konsumsi susu berlebihan picu penyakit ginjal

id susu

Ahli: konsumsi susu berlebihan picu penyakit ginjal

Ilustrasi (Foto griyawisata.com)

Jakarta (Antara Jogja) - Terlalu banyak mengonsumsi susu melebihi jumlah kebutuhan yang dianjurkan akan membahayakan kesehatan yang salah satunya adalah memicu penyakit ginjal, kata dokter spesialis gizi klinik dan dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Dr dr Saptawati Bardosono, MSc.

"Susu adalah sumber kalsium yang memang diperlukan oleh tubuh, tapi terlalu banyak konsumsi kalsium dapat membebani kerja ginjal," ujar Saptawati saat dijumpai Antara usai upacara Promosi Doktor di lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia pada Selasa siang.

Terlalu banyak asupan kalsium memang akan memicu masalah pada ginjal seperti timbulnya batu ginjal.

Kalsium yang tidak terserap tubuh, akan terbuang melalui saluran kencing untuk mempertahankan keseimbangannya di dalam tubuh.

Namun, sebelumnya kalsium akan mengendap pada saringan ginjal, inilah yang menyebabkan pembentukan batu kristal pada ginjal yang disebut kalsium oxalat atau kalsium phosphate.

"Jadi memang sebaiknya konsumsi susu cukup satu atau dua gelas per hari untuk orang normal, karena ada sumber kalsium yang berasal dari bahan makanan lain selain susu," jelas Saptawati.

Berdasarkan kebutuhan pada umumnya, laki-laki hanya membutuhkan 1.000mg sampai 1.200mg kalsium setiap harinya.

Sementara perempuan membutuhkan sekitar 1.200mg hingga 1.500mg kalsium per hari, dan anak-anak membutuhkan 1.300 mg kalsium per hari.

Asupan kalsium terbanyak yang boleh dikonsumsi per hari adalah 2.500mg.

(M048)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar