26 sekolah Gunung Kidul melaksanakan kurikulum 2013

id kurikulum 2013

26 sekolah Gunung Kidul melaksanakan kurikulum 2013

Kurikulum Baru 2013 (antarakaltim.com)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyatakan ada 26 sekolah dari tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas yang melaksanakan kurikulum 2013.

Sekolah yang melaksanakan kurikulum 2013 untuk tingkat SMA dan SMK masing-masing empat sekolah, yakni SMA Negeri 1 Wonosari, SMA Negeri 2 Wonosari, SMA Negeri 2 Playen, SMA Negeri 1 Karangmojo, kata Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Gunung Kidul, Sudodo, Selasa

Kemudian SMK Negeri 1 Wonosari, SMK Negeri 2 Wonosari, SMK Negeri 3 Wonosari, dan SMK Muhammadiyah 1 Playen.

Sementara untuk tingkat SMP, yakni SMP Negeri 1 Wonosari, SMP Negeri 2 Wonosari, SMP Negeri 1 Karangmojo, SMP Negeri 1 Paliyan, SMP Negeri 1 Semin, dan SMP Negeri 2 Patuk, sedangkan untuk SD ada 12 sekolah.

"Sekolah yang melaksanakan Kurikulum 2013 ditunjuk pusat. Kami tidak merekomendasikannya," katanya.

Ia mengatakan sebanyak 26 sekolah pelaksana Kurikulum 2013 dipilih dari 661 sekolah di Gunung Kidul. Pertimbangan pemilihan 26 sekolah untuk menerapkan kurikulum baru adalah kesiapan sekolah, baik dari kesiapan guru, siswa, dan akses sekolah yang mudah dijangkau.

Dia mengatakan, perbedaan kurikulum yang baru dan kurikulum tingkat satuan pendidikan adalah metode pengajaran.

"Kurikulum 2013, siswa lebih banyak diskusi, bertanya, mengamati dalam proses belajar untuk membangun anak yang kreatif, produktif dan inovatif dan guru harus meninggalkan metode ceramah," kata dia.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Wonosari, Tamsir mengatakan, sekolahnya sudah siap merintis proses pembelajaran dengan kurikulum 2013.

"Pada dasarkanya KTSP dan Kurikulum 2013 tidak banyak perbedaan, hanya saat ini guru dituntut mengajarkan siswanya melalui pendekatan saintifik," katanya,

Ia mengatakan, sekolah juga sudah menerima buku mata pelajaran yaitu buku sejarah, matematika, dan Bahasa Indonesia.

(KR-STR)