Bupati Sleman belajar mitigasi bencana dari Kagoshima

id Sleman

Bupati Sleman belajar mitigasi bencana dari Kagoshima

Bupati Sleman Sri Purnomo (Foto antaranews.com)

Sleman (Antara Jogja) - Bupati Sleman Sri Purnomo belajar pengalaman dari Kota Kagoshima, Jepang dalam mitigasi bencana alam khususnya gunungapi.

"Selasa, 23 Juli 2013, Bupati Sleman Sri Purnomo melakukan pertemuan dengan Walikota Kagoshima Jepang Hiroyuki Mori bertempat di Kantor Walikota Kagoshima Jepang," kata Kabag Humas Setda Kabupaten Sleman Endah Sri Widiastuti, Rabu.

Menurut dia, pertemuan ini merupakan bagian dari "International Association of Volcanology and Chemistry of the Earth�s Interior (IAVCEI 2013) yang merupakan pertemuan asosiasi para ahli gunung api dari seluruh dunia.

Bupati Sleman dalam kesempatan ini didampingi Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta Subandrio.

"Bupati Sleman menyatakan bahwa pertemuan ini merupakan bentuk kerjasama yang dilaksanakan terkait pertemuan COV 8: (Cities of Volcano), pertemuan para ahli Gunung Api Kota ke-8 dari seluruh dunia yang akan diselenggarakan 9 hingga 12 September 2014 di Sleman," katanya.

Bupati Sleman secara khusus mengundang Walikota Kagoshima untuk turut hadir di Sleman.

"Bupati minilai terdapat kemiripan antara Kagoshima dan Sleman. Kagoshima sebagai salah satu kota di Jepang juga memiliki gunungapi yang sangat aktif yakni Gunung Sakurajima. Setiap harinya Gunung Sakurajima mengeluarkan letusan debu dan pasir lembut seperti yang terjadi di Sleman Senin pagi 22 Juli 2013," katanya.

Oleh karena itu Bupati Sleman berharap pertemuan ini dapat menjadi media belajar bagi Sleman untuk meminimalisir resiko bencana akibat bencana kegunungapian.

(V001)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024