Presiden kunjungi pemudik bermotor KRI Banda Aceh

id presiden sby kunjungi

Presiden kunjungi pemudik bermotor KRI Banda Aceh

kri banda aceh (antaranews.com)

Jakarta (Antara Jogja) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengunjungi para pemudik kendaraan bermotor yang mudik gratis dengan menggunakan Kapal Perang KRI Banda Aceh-593 TNI AL dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Minggu.

Kunjungan itu sekaligus untuk meninjau kesiapan Kapal Perang TNI tersebut dalam melayani masyarakat yang memiliki kendaraan bermotor roda dua untuk mudik ke Jawa Tengah ataui Jawa Timur.

Presiden yang tiba di Terminal Penumpang Nusantara-2, Tanjung Priok, sekitar pukul 10.00 WIB dalam kesempatan tersebut, berinteraksi dengan para pemudik baik yang berada di kamar lantai satu khusus ibu dan anak maupun yang berada di dak kapal lantai dua.

"Ada yang ke Magelang, Purwodadi, Madiun, Semarang, Pacitan," kata Presiden disambut riuh para pemudik yang memenuhi dak kapal lantai dua tersebut.

Di dek lantai dua tersebut, para pemudik dengan menggunakan berbagai alas yang disediakan untuk duduk.

Presiden dalam kesempatan itu meminta para pemudik menjaga keselamatannya, sehingga dapat bertemu dengan sanak keluarga di rumah untuk merayakan hari raya Idul Fitri.

Sementara itu, Kepala Dinas Penerangan AL Laksamana Pertama TNI Untung Suropati, KRI Banda Aceh siap melayani para pemudik kendaraan bermotor yang akan mudik ke arah Jawa Tengah atau Jawa Timur. Ini merupakan dukungan TNI utamanya TNI AL berpartisipasi dalam pelayanan mudik lebaran.

Pelayaran dari Terminal Penumpang Nusantara-2 di Tanjung Priok hingga Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, sekitar 17-22 jam. Untuk itu, pihak AL juga telah menyiapkan makan gratis untuk buka dan sahur.

Dalam kapal tersebut telah disiapkan untuk mengangkut 2000 penumpang dan 1000 kendaraan Bermotor. Hingga pukul 10.00 WIB, kendaraan bermotor yang telah mauk 639 buah, dan 1394 Penumpang dan 140 ABK.

Kapal KRI Banda Aceh akan mengangkut arus mudik selama dua kali, selain pada 4 Agustus juga pada 6 Agustus 2013. Sedangkan arus balik dipersiapkan pada 13 Agustus 2013.

"Jadi begitu tiba di Semarang, esok langsung balik lagi ke Jakarta, karena pada tanggal 6 akan digunakan lagi," katanya.

Untuk mengikuti mudik gratis ini, para calon penumpang kapal tersebut mendaftarkan diri di Kantor Kolinlamil Jakarta Utara, Kantor Pelni, Kantor Ditjend Perhubungan Laut Kemenhub dan OP Tanjung Priok Jakarta Utara.(M041)
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024