Target kunjungan wisatawan Candi Prambanan 114.000 orang

id target kunjungan wisatawan

Target kunjungan wisatawan Candi Prambanan 114.000 orang

Wisatawan dan Candi Prambanan (Foto Antara)

Jogja (Antara Jogja) - PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko Yogyakarta menargetkan jumlah kunjungan wisatawan ke Candi Prambanan selama libur Lebaran 2013 sebanyak 114.000 orang

Dirut PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWCBPRB) Purnomo Siswoprasetjo, di Yogyakarta, Selasa, mengatakan jumlah target kunjungan tersebut merupakan kenaikan 10 persen dari jumlah kunjungan wisatawan pada periode sama Lebaran tahun lalu yang mencapai 105.000 orang.

"Kami menetapkan masa ramai libur Lebaran 2013 pada 8-18 Agustus 2013," kata Purnomo Siswoprasetjo..

Ia mengatakan, upaya menyambut kunjungan wisatawan tersebut, pihaknya melakukan pembenahan fasilitas serta meningkatkan pelayanan,kenyamanan dan keamanan. Pihaknya juga menyiapkan sejumlah atraksi kesenian untuk menghibur pengunjung.

"Khusus keamanan pengunjung kami berkoordinasi dengan pihak Polres dan Kodim setempat,"katanya

Menurut dia, khusus hiburan di Taman Wisata Candi Prambanan, pihaknya menggelar pentas seni tradisional di antaranya musik campursari, keroncong, tarian kuda lumping dan cokekan.

"Kami juga memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk berfoto bersama dengan para penari Sendratari Ramayana,"katanya.

Sementara itu, kata dia untuk meningkatkan pelayanan bagi pengunjung Candi Prambanan yang ingin berkunjung di situs Keraton Ratu Boko dapat membeli tiket terusan Candi Prambanan - Ratu Boko dengan fasilitas transport ulang-alik secara gratis.

"Pengunjung Taman Wisata Ratu Boko juga akan disuguhi hiburan berupa atraksi kesenian tradisional misalnya tarian srandul, cokekan, gejog lesung dan anoman anak serta musik, "katanya.

Menyinggung harga tiket masuk taman, ia mengatakan tidak ada kenaikan selama masa libur Lebaran 2013 yaitu untuk wisatawan nusantara/umum Rp30.000,-/orang dan anak/pelajar Rp12.500/orang.

"Sedangkan untuk wisatawan mancanegara Rp171.000/orang dan anak-anak Rp85.000 per anak," katanya.

(H008)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024