Williams akan hadapi Azarenka di Final Cincinnati

id serena william toronto

Williams akan hadapi Azarenka di Final Cincinnati

Serena Williams (Foto antaranews.com) (antaranews.com)

Cincinnati (Antara/AFP Jogja) - Serena Williams mengalahkan petenis China Li Na 7-5, 7-5 pada Sabtu (Minggu WIB) untuk mencapai final turnamen WTA Cincinnati untuk pertama kalinya.

Dia akan berhadapan dengan petenis peringkat dua dunia Victoria Azarenka, yang memenangi pertandingan yang diwarnai banyaknya "break",  23 secara keseluruhan, termasuk enam game pertama - untuk mengalahkan finalis 2011 Jelena Jankovic 4-6, 6-2, 6-3.

Azarenka dan Williams keduanya akan bertanding untuk memperebutkan gelar perdana di turnamen ini.

Azarenka akhirnya mengamankan kemenangannya melalui "break" atas mantan petenis peringkat satu dunia Jankovic.

Petenis peringkat satu dunia Williams, yang memenangi 15 gelar pada 16 bulan terakhir dan sedang berupaya meraih gelar kesembilannya musim ini, hanya memerlukan waktu 90 menit untuk mengalahkan pemenang 2012 yang banyak melakukan kesalahan.

Li mengakhiri turnamen ini dengan permainan buruk, melakukan kesalahan ganda pada "set point" di set pertama dan kembali melakukannya pada "match point" set kedua.

Williams memastikan kemenangan kedelapannya di sembilan pertandingan melawan Li, yang tidak bermain di putaran sebelumnya karena lawannya Agnieszka Radwanska mengundurkan diri karena menghadiri pemakaman di negaranya Polandia.

Petenis China mantan juara Roland Garros itu mengalami hari yang buruk perihal servis, melakukan kesalahan ganda pada "set point" di set pertama dan mengakhiri pertandingan setelah 83 menit dengan kesalahan serupa pada "match point". Pencapaian terbaik Williams sebelumnya di Cincinnati adalah semifinal pada 2006 ketika ajang ini masih menjadi turnamen kecil yang hanya mempertandingkan petenis putri.

"Ketika menang banyak, Anda membangun banyak kepercayaan diri, dan percaya bahwa Anda dapat melakukannya dengan baik," kata petenis 31 tahun ini. "Saya telah lebih banyak berlatih dan menikmatinya dalam satu setengah tahun terakhir."

Williams juga memenangi gelar Seri AS Terbuka yang membuat ia memiliki peluang meraih bonus sebesar satu juta dolar seandainya ia memenangi AS Terbuka, yang dimulai pada pekan depan.

Petenis AS ini mengakui dirinya harus mengatasi masalah pada otot perutnya namun ia tidak menjelaskannya secara rinci, dengan mengatakan ia tidak ingin hal tersbeut menimbulkan ketakutan bagi dirinya untuk melakukan banyak pergerakan.

Unggulan teratas ini unggul 4-1 pada set pertama namun dapat dikejar oleh Li, yang kemudian melakukan servis untuk memenangi set namun gagal dilakukan dengan sempurna.

Williams menyamakan kedudukan menjadi 5-5 pada kesalahan servis kedelapan Li, dan kemudian kembali mematahkan servis lawannya itu untuk memenangi set pada menit ke-47.

Petenis AS itu kemudian tertinggal pada set kedua, namun Li kembali gagal memaksimalkan keunggulan yang dimilikinya. Petenis papan atas China itu kemudian kalah setelah tujuh kali gagal memaksimalkan servisnya. kemenangan ini membuat Williams memiliki rekor 60-3 pada musim ini.(H-RF)