Gubernur: jurnalistik dan olahraga saling mendukung

id gubernur: jurnalistik dan olahraga

Gubernur: jurnalistik dan olahraga saling mendukung

Porwanas XI/2013 (Foto porwanaskalsel2013.com)

Banjarmasin (Antara Jogja) - Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Ariffin mengatakan aktivitas jurnalistik dan olahraga merupakan dua hal yang berbeda namun keduanya bisa saling mendukung dan melengkapi.

"Berbagai peristiwa olahraga di manapun dapat kita saksikan secara langsung dan dinikmati secara berkualitas sekaligus menjadi spirit bagi suatu bangsa," katanya disela pembukaan Pekan Olah Raga Wartawan Nasional (Porwanas) XI di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Senin.

Oleh sebab itu, kata dia pihaknya memberikan apresiasi terhadap ajang Porwanas XI yang digelar pada 14-20 September di Banjarmasin dan diikuti para atlet wartawan perwakilan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) tingkat cabang seluruh Indonesia.

"Kegiatan ini diharapkan dapat berlangsung aman, sukses dan lancar sehingga mampu menjadi ajang olahraga yang dapat menginspirasi kebangkitan bidang olahraga di Tanah Air," katanya.

Menurut dia, Porwanas memiliki makna penting dan strategis dalam rangka meningkatkan persatuan dan kesatuan sesama insan pers, karena akan terbangun jiwa korsa yang kokoh utamanya dalam meningkatkan peranan pers sebagai salah satu pilar demokrasi.

"Selain itu melalui berbagai cabang olahraga yang dipertandingkan dalam ajang ini tentu menjadi wahana penting dalam meningkatkan kemampuan wartawan dalam bidang olahraga," katanya.

Rudy juga mengatakan bahwa olahraga menjadi bagian tidak terpisahkan dari aktivitas jurnalisitik, sehingga para jurnalis akan memiliki tubuh yang sehat dan tentunya dalam mengerjakan tugas pers terdapat jiwa yang sehat baik jasmani dan rohani.

"Dengan demikian, jiwa yang sehat akan menghasilkan individu yang tangguh dan menjadi muara bagi sebuah bangsa yang maju dan berdaya saing tinggi," katanya.

Porwanas XI yang mempertandingkan 10 cabang olahraga dan memperebutkan 120 medali tersebut dibuka Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Roy Suryo serta dihadiri sejumlah pejabat daerah dan PWI Pusat serta perwakilan daerah.

Pada kesempatan itu, Menpora Roy Suryo menyambut baik dan mendukung ajang Porwanas, sehingga diharapkan para pengurus kontingen bisa menjunjung tinggi sportifitas demi meningkatkan silaturahmi antara sesama pers.

"Saya setuju bahwa ini adalah pesta olah raga wartawan Indonesia, maka dari itu jangan ada yang "menyelundupkan" atlet bukan wartawan, karena hal itu sudah tidak pantas lagi, jadi untuk para pemimpin kontingen agar bisa menjunjung sportifitas," katanya.

(KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024