KONI DIY minta Jabar kawal PON

id prabukusumo minta dikawal

 KONI DIY minta Jabar kawal PON

GBPH Prabukusumo (Foto antaranews.com)

Bandung (Antara Jogja) - Ketua Umum KONI Daerah Istimewa Yogyakarta GBPH H Prabukusumo meminta Jawa Barat selaku tuan rumah Pekan Olahraga Nasional 2016, kelak mengawal pelaksanaan pertandingan agar peraturannya tidak diintervensi pihak mana pun.

"Terus terang kami memberikan masukan ke KONI Jabar agar mengawal pelaksanaan pertandingan PON XIX/2016 di setiap cabang sesuai dengan aturan, dan tidak diintervensi pihak mana pun," kata Prabukusumo di sela-sela kunjungan ke pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jabar, Selasa.

Prabukusumo mendukung penuh Jabar sebagai tuan rumah PON 2016 dan menyatakan yakin provinsi tetangganya itu akan mampu menggelar perhelatan olahraga "multievent" itu dengan baik dan tegas.

Ia menyebutkan, kontingen cabang olahraga terbang layang DI Yogyakarta kecewa pada saat PON XVIII/2012 di Riau.

Menurut Prabukusumo akibat ada intervensi dari salah satu kontingen peserta, nomor pertandingan itu cukup mengganggu peserta lainnya.

"Terus terang DI Yogyakarta waktu itu kecewa di nomor terbang layang akibat adanya intervensi dari pengurus salah satu kontingen, aturan yang ada banyak berubah. Kami minta Jabar mengawal pelaksanaan pertandingan di PON 2016, khususnya untuk terbang layang," kata Ketua KONI DI Yogyakarta.

Salah satunya adalah ketentuan dengan kelolosan atlet untuk bertanding agar tidak berubah-ubah seperti di PON Riau.

"Terus terang saja kami meminta ada pengawalan khusus pelaksanaan aturan pertandingan di terbang layang, agar hal seperti di Riau tidak terjadi di PON Jabar. Saya yakin Jabar bisa menggelar pertandingan PON dengan baik," kata Prabukusumo.

Nomor terbang layang adalah salah satu cabang unggulan bagi Yogyakarta. Daerah itu mengaku sempat melakukan protes ke Panitia PON Riau.

Sementara itu Ketua I KONI Jabar yang juga Satgas Persiapan PON XIX/2016 Jabar Djumara Frassad menyatakan siap menampung masukan dari KONI DI Yogyakarta. Djumara menyebutkan pihaknya sudah melakukan antisipasi termasuk mengevaluasi dan menganalisa pertandingan PON Riau.

"Masukan dari KONI Yogyakarta kami apresiasi, dan memang sudah kami antisipasi. Terkait aturan pertandingan akan menjadi perhatian kami di PON sehingga pertandingan berjalan dengan baik dan fair," kata Djumara Frassad.

Kunjungan pengurus KONI Yogyakarta yang berjumlah sekitar 30 orang itu dalam rangka studi banding dan meninjau tempat pelatihan tim Jabar dan sejumlah arena yang akan digunakan untuk PON XIX/2016.(S033)
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024