Gondomanan gelar "sapa alun-alun" jaga ketertiban umum

id alun alun utara

Gondomanan gelar  "sapa alun-alun" jaga ketertiban umum

Sejumlah pedagang musiman menggelar dagangannya di kawasan Alun-Alun Utara, Yogyakarta, FOTO ANTARA/Noveradika/12 ()

Jogja (Antara Jogja) - Kecamatan Gondomanan melakukan kegiatan "Sapa Alun-Alun Utara" sebagai upaya mengingatkan masyarakat yang menjalankan berbagai aktivitas di lokasi tersebut tetap menjaga ketertiban umum.

"Kegiatan ini bukan ditujukan untuk razia atau penertiban, namun mengingatkan masyarakat yang berada di Alun-Alun Utara untuk tetap menjaga ketertiban umum demi kenyamanan seluruh pengunjung," kata Camat Gondomanan Agus Arif di Yogyakarta, Minggu.

"Sapa Alun-Alun Utara" tersebut dimulai pada Sabtu (28/9) malam karena pada akhir pekan biasanya banyak pasangan muda-mudi yang menghabiskan waktu di lokasi tersebut.

Selain dari kecamatan, kegiatan tersebut juga didukung oleh kepolisian dan koramil setempat serta Forum Komunikasi Alun-Alun Utara.

Menurut Agus, dengan saling menjaga ketertiban umum, maka Alun-Alun Utara Kota Yogyakarta yang berada tepat di depan Pagelaran Keraton Yogyakarta tersebut bisa tetap bisa menjadi tempat yang nyaman sekaligus mencerminkan citra Kota Yogyakarta.

Kecamatan Gondomanan kemudian mengusulkan pemasangan "closed circuit television" (CCTV) di lokasi tersebut untuk memaksimalkan pengawasan di Alun-Alun Utara Yogyakarta.

"CCTV tersebut sebaiknya dihubungkan langsung dengan Kantor Kecamatan Gondomanan sehingga apabila terjadi sesuatu hal di Alun-Alun Utara, maka petugas kami bisa segera merespon," kata Sekretaris Kecamatan Gondomanan Ambar Ismu Wardani.

CCTV tersebut diusulkan dipasang di sekitar Pagelaran Keraton Yogyakarta. "Tentunya, perlu ada koordinasi dengan pihak keraton terkait usulan ini," katanya yang berharap berbagai bisa meminimalisasi berbagai tindakan yang mengarah pada gangguan ketertiban umum.

Sementara itu, Ketua Forum Komunikasi Alun-Alun Utara M. Fuad mengatakan, penataan alun-alun membutuhkan kerja sama seluruh pihak, mulai dari pemerintah, masyarakat dan pelaku ekonomi di wilayah tersebut.

"Komunikasi dengan berbagai pihak harus terjalin baik, baru penataan bisa dilakukan secara maksimal termasuk mengantisipasi ketertiban umum," katanya.

Kepolisian dan Koramil Gondomanan pun menyatakan siap menerjunkan petugas untuk melaksanakan kegiatan tersebut secara rutin.

(E013)

Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar