Jackie Chan "pensiun" tergantung tubuhnya

id jackie chan pensiun

Jackie Chan "pensiun" tergantung tubuhnya

Jackie Chan (Foto freepressphotos.com)

Beverly Hills, California (Antara/Reuters Jogja) - Bintang film laga asal Hong Kong, Jackie Chan yang pada festival film Cannes di Prancis tahun lalu mengatakan pensiun dari film laga, kini berkata bahwa setelah satu dasawarsa merenungkan untuk keluar, sekarang membiarkan tubuhnya yang akan memutuskan.

"Saat saya berumur 40 sekian, media bertanya dan saya menjawab lima tahun lagi, lalu lima tahun dan lima tahun hingga sekarang," kata aktor kungfu itu dalam suatu wawancara  mempromosikan film laga China "Chinese Zodiac" tahun 2012 yang akan beredar di Amerika Serikat.

"Enam bulan lagi saya akan genap 60 tahun," kata Chan.

"Saya akan melihat seberapa jauh bisa bertahan hingga tubuh saya memberi tahu 'berhenti'."
  
Chan yang terkenal dengan permainannya melompat terbang tinggi dan permainan keras lain, telah tampil dalam lebih 100 film dan kini menulis, menyutradarai serta menjadi produser filmnya sendiri di Asia.

"Saya terluka," kata aktor yang telah 50 tahun malang-melintang menendang dan meninju. "Sangat melelahkan, tidak seperti biasanya."
  
Satu-satunya tanda penuaan Chan adalah kerut-kerut di sekitar mata. Bentuk tubuhnya masih bagus, meski tidak menampakkan rahasianya bahwa ia akan tetap seperti itu.

Ketika karir Chan memasuki masa senja, bagaimana Hollywood akan memaksanya memakai pemeran pengganti untuk pengambilan gambar adegan berbahaya karena ia yakin bahwa studio film tidak akan memintanya memainkan peran dramatik.

"Saya berharap penonton mahfum setelah mereka berkata 'Jackie, itu ganda', mereka akan memaafkan saya." kata Chan yang mempunyai ciri seringai lebar dan bergaya menjiwai perannya.

"Maka saya bisa terus bermain. Malang, tidak ada di Hollywood yang meminta saya bermain "Kramer vs Kramer" atau seperti "Sound of Music" -- padahal sebenarnya saya penyanyi yang baik -- dan tidak pernah ada yang meminta saya memainkan jenis film seperti itu," kata Chan menyitir film drama keluarga dan film musik tahun 1965-an yang kedua-duanya memenangkan Oscar.

"Semua yang dipikirkan tentang Chan adalah : Chris Tucker, "Roush Hour" satu, dua dan tiga ... selalu film laga-komedia, komedi-laga," katanya mengenai film-filmnya yang menancapkannya selama 15 tahun di Hollywood.

"Saya sangat berharap bahwa suatu saat di Hollywood ada produser atau sutradara yang meminta saya bermain hanya untuk film drama," kata Chan.

"Saya sangat menghargainya."
  
Tapi itu tidak diyakininya tidak akan pernah terjadi.

"Mengapa?" tanyanya sendiri.

"Karena penonton tidak terbiasa melihat Jackie Chan main drama."
 
Peran Chan mungkin akan bagus untuk film seperti peraih Oscar 1988 "Rainman" yang diperankan Dustin Hoffman dan Tom Cruise, atau "Tootsie" 1982 juga diperankan Hoffman yang berpakaian perempuan.

"Tapi bahasa Inggris saya tidak sebagus itu..."
  
"Saya melihat banyak aktor laga datang dan pergi, datang dan pergi," katanya.

"Bintang laga tidak bisa bertahan lama, beda dengan drama, aktor sejati seperti Robert De Niro dan Dustin Hoffman, bisa abadi."

(M007)

Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024