Tapanuli Tengah potensial pendorong kebangkitan pariwisata Sumut

id tapanuli tengah potensial

Tapanuli Tengah potensial pendorong kebangkitan pariwisata Sumut

Air terjun Pulau Mursala, salah satu andalan objek wisata di Tapanuli Tengah (Foto amandapd27.wordpress.com)

Pandan (Antara Jogja) - Kabupaten Tapanuli Tengah dinilai potensial untuk memberi kontribusi dan pendorong suksesnya era kebangkitan pariwisata Sumatera Utara, karena daerah tersebut memiliki kekayaan objek wisata alam, sejarah maupun budaya yang bisa diandalkan.

"Program pengembangan pariwisata di pesisir pantai Barat Tapteng, akan berkait erat dengan kebangkitan kemajuan pariwisata di Sumut," ujar Kabag Humas Pemkab Tapanuli Tengah, Iwan Sinaga di Pandan, Selasa.

Ia mengatakan potensi keindahan wisata bahari seperti Pulau Mursala dan wisata religi khusus di daerah Barus, akan menjadi daya tarik tersendiri, yang pengembangannya tentunya harus didukung penuh oleh Pemerintah provinsi Sumatera Utara.

Sebab, menurut dia, jika sejumlah objek wisata yang ada di wilayah itu dikembangkan secara baik dan professional, dipastikan mampu memberi kontribusi besar terhadap devisa dan peningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Iwan menyebutkan, hingga kini, pihaknya terus menggalakkan upaya percepatan pembangunan, terutama di bidang kepariwisataan dengan berbagai terobosan, termasuk mempromosikan potensi keunikan pantai di pesisir Barat Pulau Sumatera itu sampai tingkat dunia.

Juru bicara Pemkab Tapteng itu menyebutkan, Bupati Tapteng, Bonaran Situmeang telah mengusulkan daerah tersebut menjadi tuan rumah kegiatan bahari internasional di Indonesia yang disebut "sail mansalaar" pada tahun 2015.

"Wisata air terjun Pulau Mursala akan menjadi ikon pada even Sail Mansalaar Tapteng 2015, karena air terjun di tengah laut hanya ada di sini," jelasnya.

Karena itu, Iwan mengajak segenap elemen masyarakat dan para pemangku kepentingan lainnya, agar terus bersinergi mengoptimalkan kinerja pembangunan pariwisata di daerah tersebut.

Melalui kerja keras dan sinergitas, lanjut dia, Kabupaten Tapteng diharapkan bisa berperan besar dalam menyukseskan kebangkitan pariwisata Sumatera Utara.

Sehingga, lanjut Iwan, kawasan Tapteng ke depan, akan menjadi daerah tujuan wisata internasional.

Namun, sejalan dengan itu, seluruh masyarakat di kawasan pesisir pantai itu perlu mendukung secara optimal program pembangunan pariwisata yang dilakukan pemerintah setempat.

"Saat ini, rata-rata kunjungan wisatawan domestik ke Tapteng berkisar 12 hingga 14 ribu orang per bulan," kata Iwan.

(KR-JRD)

Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024