Universitas Ahmad Dahlan persiapkan "research center"

id universitas ahmad dahlan

Universitas Ahmad Dahlan persiapkan "research center"

Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (Foto Istimewa)

Jogja (Antara Jogja) - Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta mempersiapkan "research center" atau pusat penelitian yang akan menampung dan mempublikasikan semua hasil riset yang dilakukan mahasiswa dan dosen.
     
"Dengan demikian, semua hasil riset yang dilakukan mahasiswa dan dosen dapat diakses oleh masyarakat secara luas," kata Rektor Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Kasiyarno di Yogyakarta, Sabtu.
     
Menurut dia pada wisuda 1.414 lulusan UAD, hal itu merupakan komitmen universitas untuk memadukan ilmu pengetahuan, penelitian, teknologi, industri, dan bisnis demi kemajuan bangsa.
     
"Berkaitan dengan hal itu, kami menghadirkan putra mantan presiden BJ Habibie, yakni Ilham Akbar Habibie untuk memberikan motivasi, inspirasi, dan penyemangat bagi lulusan UAD. Ilham berbicara tentang kewirausahaan," katanya.
     
Ilham Akbar Habibie mengatakan usaha kecil dan menengah di Indonesia membutuhkan keberpihakan dari pemerintah yang lebih besar untuk meningkatkan daya saing.
     
"Salah satu bentuk keberpihakan itu adalah memberdayakan usaha kecil dan menengah agar dapat berkembang. Tanpa pemberdayaan, keberadaan usaha kecil dan menengah ke depan akan semakin terancam oleh industri besar," kata Ketua Ikatan Saudagar Muslim Indonesia itu.
     
Wakil Rektor I UAD Muchlas mengatakan kehadiran Ilham itu untuk memberikan motivasi dan semangat wirausaha lulusan UAD yang baru diwisuda. Hal itu penting karena UAD beberapa tahun terakhir telah meluluskan para wirausahawan baru.
     
Menurut dia, UAD sejak awal memang telah memberi iklim dan mendorong mahasiswa berwirausaha, tanpa mengganggu disiplin ilmu yang ditekuni.
     
"Wirausaha dapat memberi nilai lebih pada para lulusan UAD sehingga dapat menjadi lulusan yang tangguh pada era kompetisi," katanya.(B015)
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024