4.780 Satlinmas Sleman siap bantu pengamanan TPS

id 4.780 satlinmas sleman

Ilustrasi (Foto kpu.go.id)

Sleman (Antara Jogja) - Sebanyak 4.780 personel Satuan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta siap untuk membantu pengamanan dan kelancaran di seluruh tempat pemungutan suara pada Pemilu 2014.

"Saat ini sebanyak 4.780 anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) telah disiapkan untuk tugas di tempat pemungutan suara (TPS) pada pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2014," kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sleman Joko Supriyanto, Selasa.

Menurut dia, nantinya masing-masing TPS akan ditempatkan dua anggota Satlinmas.

"Personel Satlinmas ini akan membantu pengamanan dan kelancaran pelaksanaan pemungutan suara," katanya.

Ia mengatakan, keseluruhan Satlinmas Kabupaten Sleman memiliki kekuatan 6.393 personel terdiri atas Satlinmas kabupaten sejumlah 100 anggota, Satlinmas Peleton inti kecamatan masing-masing 31 personel.

"Kemudian Satlinmas Regu Inti Desa di mana setiap desa masing-masing 11 personel," katanya.

Joko mengatakan, kegiatan perlindungan masyarakat melalui pembinaan bagi anggota Satlinmas telah dilakukan terhadap 6.393 anggota dalam 60 angkatan yang diselenggarakan di Kabupaten Sleman sebanyak satu angkatan dan 59 angkatan di kecamaatan se Kabupaaten Sleman.

"Materi dalam pembinaan dan pembekalan tersebut antara lain pengetahuan mengenai dasar-dasar Linmas, pelatihan pengaturan lalu lintas, peraturan baris berbaris, pengetahuan deteksi dini cegah dini," katanya.

Ia mengakan, patut menjadi perhatian kita semua, bahwa Satuan Perlindungan Masyarakat tetap mendapat tempat dalam kehidupan bernegara.

"Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2012 mengenai Pemilihan Umum DPR, DPD dan DPRD telah memberikan kepercayaan kepada Satuan Perlindungan Masyarakat untuk menjadi bagian dari anggota KPPS sekaligus sebagai tenaga kamtramtibmas di TPS," katanya.

(V001)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar