Panwaslu Kota Yogyakarta berikan bekal penguatan Panwascam

id panwaslu kota yogyakarta

Panwaslu Kota Yogyakarta berikan bekal penguatan Panwascam

Panwaslu Kota Yogyakarta (Foto panwaslujogja.web.id)

Jogja (Antara Jogja) - Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kota Yogyakarta memberikan pembekalan bagi personel Panitia Pengawas Kecamatan untuk penguatan dalam melaksanakan tugas pengawasan tahapan Pemilu 2014.

"Pembekalan penguatan tersebut sangat penting bagi personel Panwascam di wilayah kota ini, apalagi Pemilu 2014 sudah memasuki tahapan krusial dan rentan terjadi pelanggaran kampanye," kata Ketua Panitia Pengawas Pemilu Kota Yogyakarta Agus Triyatno di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, upaya memberikan penguatan kepada Panwascam tersebut sebagai hasil rapat koordinasi yang digelar Panwaslu Kota Yogyakarta dengan Panwascam se wilayah kota ini pada Rabu (18/12).

"Penguatan bagi Panwascam tersebut dimaksudkan agar lebih kuat dan jeli dalam melaksanakan pengawasan khususnya selama tahapan kampanye," kata Agus Triyatno.

Ia mengatakan selama tahapan kampanye rawan terhadap pelanggaran, karena dalam tahapan itu dapat mempengaruhi pemenangan pemilu.

Menurut dia, tingkat kompetisi antarpeserta pemilu sebagai konsekuensi atas banyaknya parpol dan calon anggota legislatif (caleg) juga menjadi pemicu terjadinya pelanggaran, apalagi jumlah kursi yang diperebutkan terbatas.

Ia mengatakan tingkat kompetisi yag cukup tinggi membuat peserta pemilu menempuh berbagai cara dan strategi untuk memenanginya.

Terlebih lagi, kata Agus, tren politik biaya tinggi yang terjadi dalam pemilu pascapenerapan sistem proporsional dengan daftar terbuka membuat persaingan antarcalon anggota DPR dan DPRD lebih sengit.

"Setiap caleg tertantang untuk berjuang sekuat tenaga dalam upaya memenangi perebutan kursi akibat distribusi kursi didasarkan pada perolehan suara terbanyak," kata Agus Triyatno.

(H008)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024