Pasek pastikan PPI tak berpolitik

id Pasek

Pasek pastikan PPI tak berpolitik

Ilustrasi (Foto makerculture.pbworks.com)

Denpasar (Antara Jogja) - Sekretaris Jenderal Perhimpunan Pergerakan Indonesia (PPI) Gede Pasek Suardika memastikan organisasi kemayarakatan yang didirikan oleh mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum itu tidak akan berpolitik praktis.

"PPI hanya organisasi hobi tidak akan kami arahkan ke ranah politik praktis, apalagi menjadikannya sebagai partai politik," katanya di sela-sela rapat umum Pasemetonan Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi di Denpasar, Rabu.

Anggota Fraksi Partai Demokrat DPR yang kini mencalonkan diri sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari Provinsi Bali pada Pemilu 2004 itu menjelaskan bahwa PPI bergerak pada bidang sosial kebudayaan dan turut serta memberikan perspektif politik yang ideal kepada masyarakat.

"Untuk politik, kami hanya mengajarkan dan memberikan pandangan mengenai politik yang ideal kepada masyarakat," kata mantan Ketua Komisi III DPR itu.

Oleh sebab itu, menurut Pasek, keanggotaan PPI berasal dari berbagai partai politik karena arahnya adalah memberikan pendidikan politik kepada masyarakat.

"Untuk kawan-kawan yang memiliki latar belakang partai politik yang berbeda bukan masalah karena PPI sendiri adalah organisasi untuk menggodok calon politisi yang mumpuni," ujarnya.

Di Bali, PPI sudah mendirikan Rumah Pergerakan yang berfungsi sebagai sekretariat di setiap kabupaten/kota. Rekrutmen keanggotaan PPI, lanjut dia, dilakukan secara online. "Keanggotaan PPI bersifat terbuka. Siapa saja boleh bergabung dan mendaftar secara online," ujarnya.

Terkait anggota PPI yang kemudian berkehendak gabung dengan partai politik, Pasek menyatakan dukungannya.

(KR-SRW)