Jutaan orang akses internet gratis melalui Perpuseru

id jutaan orang akses

Jutaan orang akses internet gratis melalui Perpuseru

Ilustrasi (Foto lovejambi.com)

Jogja (Antara Jogja) - Sebanyak 3,5 juta orang di Indonesia telah mendapatkan akses internet gratis untuk mencari pekerjaan atau informasi untuk mengembangkan bisnisnya melalui program Perpustakaan Seru.

"Hal itu menunjukkan Perpustakaan Seru (Perpuseru) telah memberikan manfaat kepada masyarakat Indonesia untuk meningkatkan kualitas hidupnya," kata Direktur Program Perpuseru Erlyn Sulistyaningsih di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, Perpuseru merupakan sebuah program hasil kerja sama Coca Cola Foundation Indonesia (CCFI) dengan Bill and Melinda Gates Foundation (BMGF) yang diluncurkan pada 2011.

"Perpuseru memiliki satu visi utama, yakni membuka mata masyarakat Indonesia terhadap kemampuan perpustakaan untuk meningkatkan kualitas hidup komunitas di sekitarnya khususnya kelompok perempuan, pemuda, dan usaha mikro," katanya.

Ia mengatakan Perpuseru saat ini telah mnejangkau 34 perpustakaan di 16 provinsi di Indonesia melalui penyediaan akses komputer dan internet, pelatihan pustakawan, serta advokasi dan kemitraan.

"Lebih dari lima ribu pengguna perpustakaan telah mendapatkan pelatihan-pelatihan di perpustakaan mitra Perpuseru termasuk pelatihan komputer dan internet," katanya.

Menurut dia, 34 perpustakaan itu adalah bagian dari inisiatif nasional untuk memanfaatkan teknologi dalam memperluas akses masyarakat Indonesia terhadap informasi, mendukung perbaikan sistem pendidikan, dan mendorong iklim bisnis yang kompetitif.

"Perpuseru telah memberikan manfaat langsung kepada masyarakat yang tidak memiliki perangkat komputer dan internet di rumah, sekaligus berperan sebagai rumah belajar dengan beragam media pembelajaran dan program pelatihan berbasis teknologi informasi," katanya.

Ketua Pelaksana CCFI Titie Sadarini mengatakan CCFI berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan sosial melalui berbagai program pendidikan seperti Perpuseru.

"Perpuseru akan terus bermitra dengan perpustakaan umum di Indonesia dalam mempersiapkan dan mendorong perpustakaan menjadi `agen perubahan` bagi komunitasnya masing-masing," katanya.

(B015)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024