Polda masih identifikasi kerangka manusia di Sleman

id polda masih identifikasi

Polda masih identifikasi kerangka manusia di Sleman

Kapolda DIY Brigjen Pol Haka Astana (Foto antaranews.com)

Jogja (Antara Jogja) - Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta masih mengidentifikasi DNA dan data gigi kerangka manusia tanpa idenstitas yang ditemukan terkubur di rumah kontrakan di Dusun Kemloko, Catur Harjo, Kabupaten Sleman.

"Temuan itu diduga kerangka salah seorang anggota Polresta Yogyakarta AKP Wiyoko yang dilaporkan hilang sejak setahun lalu. Kami masih mengecek data gigi mayat, kira-kira ada atau tidak masalah kesehatan giginya. Pengetesan DNA masih dilakukan tim DVI (Disaster Victim Identification) Mabes Polri," kata Kapala Polda DIY Brigjen Polisi Haka Astana di Yogyakarta, Kamis.

Menurut Haka, penelusuran DNA oleh DVI Mabes Polri akan dilakukan selama sekitar enam hari.

Penelusuran DNA dan data gigi melalui odontologi forensik, kata dia, merupakan upaya yang saat ini dapat dilakukan, karena sidik jari mayat tidak ditemukan.

"Kalau pengecekan gigi kan cepet. Sementara Sidik jari sudah tidak ditemukan lagi," katanya.

Haka mengatakan akan segera menghubungkan penemuan mayat itu dengan hilangnya AKP Wiyoko.

AKP Wiyoko, kata dia, memang sedang dalam pencarian, karena dilaporkan hilang sejak 19 Desember 2012.

"Sudah lama kami cari (AKP Wiyoko), tetapi tidak ketemu. Katanya ke tempat seseorang. Ada informasi, sesorang itu ada indikasi melakukan suatu perbuatan, hingga akhirnya kami temukan kerangka manusia di rumah yang ia kontrak," kata dia.

Namun demikian, menurut Haka, identitas kerangka manusia tersebut tidak dapat terlalu dini disimpulkan.

"Ini memerlukan fakta hukum, tidak bisa sembarangan. Jadi kami minta waktu. Kalau odontologi sudah mengarah ke sana, serta didukung dan diperkuat DNA, nanti baru ketemu," katanya.

Pada Rabu (29/1), aparat kepolisian bersama warga membongkar sebuah kuburan di dalam rumah di Dusun Kemloko, Catur Harjo, Kabupaten Sleman.

Dalam pembongkaran itu ditemukan tulang belulang yang diduga kerangka AKP Wiyoko.

(KR-LQH)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024