GLZoo gelar operasi bibir sumbing gratis

id bibir sumbing

GLZoo gelar operasi bibir sumbing gratis

Operasi bibir sumbing (Foto Antara/Wahyu Putro)

Jogja (Antara Jogja) - Gembira Loka Zoo Yogyakarta bekerja sama dengan Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta dan "Smile Train Jakarta" menggelar operasi bibir sumbing secara gratis bagi penderita dari keluarga kurang mampu.

"Aksi sosial operasi bibir sumbing dan sumbing langit-langit ini diselenggarakan dalam rangkaian kegiatan peringatan Ulang Tahun ke-60 Gembira Loka Zoo (GLzoo)," kata Manager Marketing & Pengembangan GLZoo Yogyakarta, Josep Kurniawan di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, kesempatan operasi bibir sumbing gratis ini dikhususkan bagi warga Yogyakarta dan sekitarnya.

"Ini bentuk kepedulian kami terhadap masyarakat dalam upaya membantu meningkatkan taraf kesehatan serta kualitas hidup masyarakat, khususnya penderita bibir sumbing,� katanya.

Menurut dia, operasi dilaksanakan pada Januari hingga Juni 2014 di RS Bethesda. Bagi penderita yang ingin memanfaatkan operasi bibir sumbing secara gratis diminta mendaftar di Sekretariat GLZoo, Jl Kebun Raya 2 Yogyakarta, pada jam kerja.

Persyaratan, minimal penderita berusia 10 minggu dengan berat badan 5 kg, HB 10. Calon peserta tidak menderita penyakit saluran pernafasan (batuk, pilek, sesak napas), dan tidak menderita asma serta penyakit jantung bawaan. Selain itu, tidak memiliki riwayat alergi dan pendarahan sulit berhenti atau gangguan pembuluh darah.

"Operasi akan ditentukan berdasarkan hasil pemeriksaan awal di Klinik Bedah RS Bethesda, oleh dokter berwenang," katanya seraya menambahkan persyaratan lainnya, yaitu surat keluarga, dilampiri surat keterangan tidak mampu.

Ia mengatakan, dalam rangkaian kegiatan Ultahnya ke-60 pada 10 Nopember 2013, GLZoo juga menggelar aksi donor darah di kebun binatang setempat, diikuti masyarakat, dan anggota TNI/Polri.

(H008)