JAT TNI AU ikuti Singapore Air Show

id jat tni au

JAT TNI AU ikuti Singapore Air Show

Ilustrasi penampilan tim aerobatik TNI Angkatan Udara (Foto antaranews.com)

Jogja (Antara Jogja) - The Jupiters Aerobatic Team TNI Angkatan Udara akan mengikuti Singapore Air Show 2014 di Bandara Changi Singapura pada 11-16 Februari 2014.

"The Jupiters Aerobatic Team (JAT) yang akan beraksi di Singapore Air Show 2014 itu melibatkan delapan pesawat dan 59 kru," kata Komandan Pangkalan Udara (Lanud) Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Agus Munandar di Yogyakarta, Senin.

Saat memimpin keberangkatan JAT, ia mengatakan tim itu bertolak meninggalkan "home base" Lanud Adisutjipto menuju Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta. Kemudian menuju Lanud Palembang untuk ikut memeriahkan kegiatan Gebyar Dirgantara Sriwijaya dengan menampilkan tarian maut di udara.

"Kegiatan Gebyar Dirgantara Sriwijaya dimaksudkan untuk mengembangkan minat dirgantara dan pembinaan potensi dirgantara (binpotdirga). Perjalanan JAT akan dilanjutkan Rabu (5/2) dari Palembang menuju Bandara Changi Singapura," katanya.

Menurut dia, JAT telah mengukir prestasi tidak hanya di Indonesia tetapi juga telah memukau di Centervial of RTAF Founding Fathers Aviation atau 100 tahun penerbangan Thailand pada 2012.

Selain itu, pada Februari 2013 diundang negeri jiran Malaysia dalam Langkawi International Maritime and Aerospace Exhibition 2013, dan misi terakhir yang telah dilaksanakan adalah di Brunei Darussalam dalam rangka mengikuti Brunei Darussalam International Defence Exhibition (Bridex) 2013 pada pertengahan Desember 2013.

Ia mengatakan JAT adalah duta TNI AU di dalam negeri maupun luar negeri untuk menunjukkan tingkat profesionalisme para penerbang TNI AU. JAT telah menyiapkan generasi ketiga jauh sebelum tampil perdana saat HUT Ke-68 TNI pada 2013.

Formasi JAT dipimpin Mayor Pnb Feri Yunaldi sebagai "flight leader" di Jupiter 1, Kapten Pnb Ripdho Utomo sebagai "right wing" di Jupiter 2, Kapten Pnb Apri Arfianto sebagai "left wing" di Jupiter 3, Mayor Pnb Ari Susiono sebagai "slot" di Jupiter 4, Mayor Pnb Sri Raharjo sebagai "lead synchro" di Jupiter 5, dan Mayor Pnb Marcellinus Dirgantara sebagai "syncro" di Jupiter 6.

Fery Yunaldi mengatakan dalam Singapore Air Show 2014, JAT akan menampilkan 14 manuver akrobatik udara dengan formasi antara lain Jupiter Roll, Arrow Head Loop, Loop and Break Off, Twin Half Cuban-Jupiter Wheel, Tango to Diamond Loop, Mirror, Heart, Screw Roll, Roll Slide, Solo Spin, Five Card Loop, Jupiter Roll Back, dan diakhiri Loop and Bomburst.

(B015)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024