DIY terapkan "e-office" tata administrasi perkantoran

id diy terapkan e-office

DIY terapkan "e-office" tata administrasi perkantoran

Ilustrasi (Foto blog.eoffice.net)

Jogja (Antara Jogja) - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta menerapkan program "e-office" dalam penataan administrasi perkantorannya sehingga lebih efisien, cepat, dan akurat.

"Melalui program `e-office`, kami tidak perlu susah payah memantau agenda kerja di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang biasanya tercatat di `whiteboard`," kata Kepala Biro Umum Humas dan Protokol Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sigit Haryanto di Yogyakarta, Selasa.

Saat menerima kunjungan kerja jajaran Sekretariat Daerah Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, ia mengatakan, staf tinggal mengumpulkan informasi mengenai agenda setiap SKPD, kemudian disimpan dalam "server".

"Semua pegawai dapat mengintip seluruh agenda di SKPD melalui monitor layar datar yang terpasang di sejumlah kantor kepala instansi. Materi yang terpampang di monitor itu juga bisa diintegrasikan dengan `smartphone` sehingga bisa dipantau langsung di mana pun dan kapan pun," katanya.

Menurut dia, program "e-office" atau Sistem Administrasi Perkantoran Daerah juga memuat beberapa fitur lainnya yakni surat masuk, surat keluar, pertemuan, penghargaan, dan tata naskah.

"Jika ada keperluan surat menyurat atau penandatanganan draf surat keputusan bisa dipantau langsung disposisi surat sudah sampai di mana, sekda atau bahkan sudah sampai gubernur. Jadi, tidak perlu mengecek secara manual," katanya.

Asisten Pemerintahan Dan Kesra Setda DIY Sulistyo mengatakan paradigma ketatanegaraan yang mengalami perubahan dan kemajuan telah menjadi tuntutan sehingga harus mengikuti tatanan perubahan dari sistem pemerintahan yang berlaku. Salah satunya adalah pengembangan teknologi informasi di bidang sistem pelayanan dan sistim informasi.

"Di DIY saat ini telah menjalankan Sistem Administrasi Perkantoran Daerah untuk lebih mengefisienkan budaya kerja sehingga lebih cepat, mudah, dan akurat di lingkungan pemerintahan," katanya.

Asisten Administrasi Umum Pemerintah Kabupaten Bulungan Dermansyah Umar mengatakan kedatangannya bersama rombongan bertujuan membangun komunikasi dan mitra kerja.

"Selain itu, juga untuk menimba ilmu dalam bidang aplikasi pelaksanaan penerapan sistem informasi pemerintahan di DIY yang nanti akan dijadikan barometer atau acuan dalam penerapan sistem informasi pemerintahan di Kabupaten Bulungan," katanya.

(B015)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024