Kukar tuan rumah festival perahu naga internasional

id kukar tuan rumah

Kukar tuan rumah festival perahu naga internasional

Ilustrasi lomba perahu naga (Foto antarafoto.com)

Samarinda (Antara Jogja) - Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur, dipercaya menjadi tuan rumah festival perahu naga tingkat internasional di Tenggarong, 16-19 Juni 2014.

"Kegiatan ini merupakan ide Bupati Kutai Kertanegara Rita Widyasari yang meginginkan daerahnya lebih dikenal di tingkat internasional sekaligus sebagai ajang promosi wisata," ujar Asisten Bidang Kesra dan Humas Setkab Kukar H Bahrul, saat memimpin rapat persiapan perhelatan tersebut, di Tenggarong, Kamis.

Ia mengatakan, Tenggarong merupakan Ibu Kota Kabupaten Kutai bakal lebih meriah dengan festival perahu naga internasional, yang rencananya akan dilaksankan 16-19 Juni 2014 bertepatan dengan pesta adat seni dan budaya Erau itu.

Menurut dia, latar belakang digelarnya kegiatan tingkat internasionl itu, karena letak geografis Kutai Kertanegara dan kota Tenggarong yang dilintasi sungai Mahakam, sehingga sebagain besar kegiatan masyarakatnya tidak terlepas dari sungai terbesar dan terpanjang di Kaltim itu.

"Untuk itu lomba perahu naga yang merupakan olah raga tradisonal, sangat berpotensi untuk dikembangkan dan menjadi daya tarik pariwisata daerah, yang tahun ini akan dikemas dalam pelaksanaan Fertival Seni dan Budaya Erau," ujarnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kutai Kertanegara Fitriady selaku ketua pelaksana kegiatan tersebut telah menggandeng Ery Barlian sebagai konsultan yang kerap melaksanakan festival serupa di Padang (Sumatera Barat) dan Makassar (Sulawesi Selatan).

Festival perahu naga internasional itu selain dihadiri peserta dari luar negeri, juga akan diikuti utusan kabupaten/kota se Kaltim,  Kalsel, Kalteng, Kalbar dam Kaltara. Kelas yang akan dilombakan yaitu, pertandingan campuran jarak tempuh 1000 meter, kelas putera jarak 500 meter, dan puteri 500 meter.

Lintasan yang akan digunakan adalah perairan antara pulau Kumala dengan Turap Mahakam Timbau Tenggarong. Seluruh pertandingan juga terpusat di Pulau Kumala.

"Rencananya peserta dari luar negeri juga kita tempatkan di Resort Hotel Pulau Kumala itu," ujar Fitriady.

Rapat persiapan kegiatan tersebut juga dihadiri kepala dinas/instansi terkait, di antaranya Dinas Perhubungan, Disbudpar, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Kesehatan, polres, dan Satpol PP Kukar.

(M025)

Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024